Menjelajahi Sejarah di Museum Dara Juanti Sintang

KalbarOnline, Sintang – Museum Dara Juanti merupakan destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Kapuas Hulu, Sintang.

Museum ini tidak hanya menawarkan pengalaman belajar yang mendalam mengenai sejarah peradaban daerah Sintang, tetapi juga memberikan gambaran tentang kejayaan masa lalu dari Kerajaan Sintang yang berpusat di Istana Al-Mukarramah.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Terletak di Kapuas Kiri Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Museum Dara Juanti menyimpan berbagai artefak berharga yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah daerah ini.

Museum ini didirikan di bekas lokasi pusat pemerintahan Kerajaan Sintang, yaitu Istana Al-Mukarramah, yang dahulu menjadi pusat kekuasaan dan kebudayaan.

Di dalam museum ini, pengunjung dapat menemukan berbagai peninggalan sejarah yang sangat menarik, seperti meriam Raja Suka, yang merupakan salah satu senjata andalan pada masa kejayaan kerajaan.

Selain itu, terdapat pula naskah Al-Qur’an yang ditulis tangan oleh Sultan Nata, yang menunjukkan betapa tingginya nilai keagamaan dan keilmuan pada masa itu.

Baca Juga :  Menyingkap Sejarah Makam Raja-Raja Sintang Kalimantan Barat

Pengunjung juga dapat melihat koleksi peninggalan raja-raja yang pernah memerintah di Kerajaan Sintang. Artefak-artefak ini memberikan wawasan yang mendalam tentang kehidupan kerajaan dan bagaimana mereka mengelola pemerintahan serta menjalankan tradisi dan budaya.

Bagi para penggemar sejarah dan budaya, Museum Dara Juanti adalah tempat yang tepat untuk memperdalam pengetahuan tentang masa lalu Kalimantan Barat, khususnya daerah Sintang.

Museum ini tidak hanya menampilkan artefak, tetapi juga memberikan cerita dan konteks di balik setiap objek yang dipamerkan, sehingga pengunjung dapat merasakan bagaimana kehidupan pada masa itu.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000, Anda dapat menikmati perjalanan edukatif dan rekreatif di Museum Dara Juanti.

Baca Juga :  Menapaki Jejak Sejarah: Batu Tertulis, Pusat Penelitian Prasasti di Sekadau

Museum Dara Juanti terletak di Kapuas Kiri Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Lokasinya yang strategis membuat museum ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Museum Dara Juanti di Sintang bukan hanya sekadar tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, tetapi juga merupakan jendela ke masa lalu yang memungkinkan kita untuk belajar dan memahami sejarah serta kebudayaan daerah Sintang. 

Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata sejarah yang edukatif dan menghibur, jangan ragu untuk mengunjungi Museum Dara Juanti. Dengan segala keunikan dan kekayaan sejarah yang ditawarkan, kunjungan Anda pasti akan menjadi pengalaman yang berharga. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment