Eksplorasi Sejarah di Makam Raja Landak: Destinasi Wisata Bersejarah di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Landak – Kalimantan Barat tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kekayaan sejarahnya yang memikat.

Salah satu destinasi wisata bersejarah yang patut untuk dieksplorasi adalah Makam Raja Landak.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Terletak di Desa Mungguk, Kecamatan Ngabang, destinasi ini tidak hanya menawarkan kecantikan alam, tetapi juga kisah-kisah bersejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Makam Raja Landak tidak hanya sebuah situs bersejarah biasa, tetapi juga merupakan saksi bisu dari masa kejayaan Kerajaan Landak.

Kerajaan ini didirikan pada tahun 1292 dan pada awalnya menganut agama Hindu. Gelar raja pada masa tersebut adalah Ratu Sang Nata Pulang Pali.

Sebagai salah satu kerajaan tertua di Kalimantan Barat, Kerajaan Landak memiliki peran penting dalam sejarah politik dan budaya daerah tersebut.

Selama tujuh generasi penguasa, Kerajaan Landak mengalami berbagai perubahan, baik dari segi politik maupun agama. Pada tahun 1472, menjelang kemerdekaan Indonesia, Kerajaan Landak beralih ke agama Islam.

Baca Juga :  Menteri Agama Minta Para Peserta STQ Nasional XXV Jadi Pelopor Pendidikan Alquran

Seiring dengan perubahan agama, gelar raja juga mengalami transformasi, dari Ratu menjadi Raden. Perubahan ini mencerminkan dinamika sejarah dan keberagaman budaya yang ada di Kalimantan Barat.

Makam Raja Landak bukan hanya sebuah tempat bersejarah, tetapi juga merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Para pengunjung dapat menjelajahi kompleks makam yang indah dan megah, sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Suasana yang tenang dan damai membuat pengunjung merasa terhubung dengan masa lalu yang kaya akan cerita.

Selain itu, lokasi Makam Raja Landak yang terletak di pinggiran Desa Mungguk menawarkan pengalaman wisata yang autentik. Pengunjung dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat dan belajar lebih banyak tentang budaya dan adat istiadat Kalimantan Barat.

Pengalaman ini akan meninggalkan kesan yang mendalam dan memperkaya pengetahuan tentang sejarah dan budaya daerah.

Bagi yang tertarik untuk mengunjungi Makam Raja Landak, berikut adalah beberapa informasi praktis yang perlu diketahui:

Baca Juga :  Nakes Solo Kelelahan, Daerah Sekitar Diminta Tak Kirim Pasien Covid-19

Dengan harga tiket yang terjangkau dan akses yang mudah, Makam Raja Landak adalah destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi sejarah dan keindahan alam Kalimantan Barat di destinasi yang memikat ini.

Makam Raja Landak adalah salah satu destinasi wisata bersejarah yang menawarkan pengalaman yang unik dan mendalam. Dengan sejarah yang panjang dan pesonanya yang memikat, destinasi ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin menjelajahi kekayaan sejarah dan keindahan alam Kalimantan Barat.

Dapatkan pengalaman tak terlupakan di Makam Raja Landak dan temukan keajaiban yang tersembunyi di balik dinding-dinding bersejarahnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment