Keajaiban Gunung Kelam di Sintang, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

KalbarOnline, Sintang – Gunung Kelam yang terletak di Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Indonesia.

Dengan ketinggian mencapai 1.002 meter atau sekitar 3.287 kaki, gunung ini menawarkan pengalaman mendaki yang menantang sekaligus mempesona.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Pemandangan alam yang masih asri dan segar, batu-batu besar yang menjulang tinggi, serta gradasi warna yang harmonis antara bukit, pepohonan rimbun, dan awan akan membuat siapa saja terpesona.

Untuk mencapai puncak Gunung Kelam, pendaki membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Perjalanan ini tidak hanya menuntut stamina yang prima, tetapi juga ketahanan mental. Meskipun begitu, setiap langkah menuju puncak akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Sepanjang perjalanan, pendaki akan disuguhi dengan keindahan flora endemik, salah satunya adalah kantong semar dari spesies Nepenthes Clipeata yang langka dan eksotis.

Baca Juga :  Hadiri Perayaan HUT IBI Cabang Sintang, Bupati Tegaskan SDGs Merupakan Komitmen Bersama

Menyadari potensi besar kawasan ini sebagai tujuan wisata, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengelola dan mengembangkan Gunung Kelam dengan lebih baik. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah anak tangga di sebelah barat gunung, yang memudahkan pendaki mencapai puncak.

Dengan adanya fasilitas ini, pendakian menjadi lebih aman dan nyaman, terutama bagi pendaki pemula.

Tidak hanya menawarkan tantangan fisik, Gunung Kelam juga menjadi surga bagi para pecinta fotografi alam. Gradasi warna alami antara bukit dan pepohonan rimbun, serta formasi awan yang berubah-ubah, menciptakan panorama yang menakjubkan.

Setiap sudutnya layak diabadikan dan dijadikan kenangan yang tak terlupakan.

Baca Juga :  Keindahan Eksotis Air Terjun Riam Merasap di Bengkayang, Kalimantan Barat

Untuk mengunjungi Gunung Kelam, Anda dapat menuju alamat di Jalan Lkr. Kelam, Merpak, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Sampai saat ini, harga tiket masuk ke kawasan ini belum ditentukan, namun pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

Gunung Kelam di Sintang, Kalimantan Barat, adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan tantangan mendaki yang patut dicoba.

Dengan pemandangan yang masih alami, flora endemik yang unik, serta pengelolaan yang semakin baik, Gunung Kelam menjadi pilihan tepat bagi para pecinta alam dan petualang. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment