Menelusuri Keindahan Budaya dan Adat di Rumah Betang Saham, Destinasi Wisata Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Landak – Kalimantan Barat, sebuah provinsi yang kaya akan keindahan alam dan keberagaman budaya, menawarkan sebuah destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dieksplorasi.Rumah Betang Saham.

Dibangun pada tahun 1875 menggunakan kayu ulin dan kayu belian, Rumah Betang Saham merupakan salah satu peninggalan berharga dari Suku Dayak Kanayatn, sebuah suku yang telah lama menghuni wilayah tersebut.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dengan ratusan keluarga yang masih tinggal di dalamnya, Rumah Betang Saham tidak hanya menjadi saksi bisu dari masa lalu, tetapi juga menjadi pusat kegiatan budaya yang hidup.

Rumah Betang Saham adalah sebuah simbol penting dari warisan budaya Kalimantan Barat. Meskipun telah berusia lebih dari 100 tahun, bangunan ini tetap kokoh dan menawan. Dengan arsitektur tradisional yang khas, Rumah Betang Saham menjadi titik fokus bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi kekayaan budaya daerah ini.

Baca Juga :  Menjelajahi Sejarah di Museum Dara Juanti Sintang

Selain menjadi objek wisata, Rumah Betang Saham juga merupakan tempat di mana kehidupan lokal terus berlangsung. Saat tiba musim panen atau musim tanam, penduduk setempat akan mengadakan upacara adat yang masih dijalankan hingga sekarang.

Para pengunjung dapat menyaksikan dan ikut serta dalam berbagai kegiatan adat yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kalimantan Barat secara autentik.

Bagi para wisatawan, mengunjungi Rumah Betang Saham adalah pengalaman yang tak terlupakan. Mereka dapat belajar tentang sejarah dan budaya lokal sambil menikmati keindahan alam sekitar. Dari arsitektur tradisional hingga kegiatan sehari-hari penduduk setempat, setiap momen di Rumah Betang Saham merupakan kesempatan untuk merasakan kehidupan di pedalaman Kalimantan Barat.

Untuk mengunjungi Rumah Betang Saham, Anda dapat mengaksesnya melalui Jalan Saham, Saham, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Harga tiket masuk dapat dicek secara langsung saat kedatangan, sementara lokasi dapat dijangkau melalui peta untuk memudahkan perjalanan.

Baca Juga :  Wamenkumham: Menteri Tersangka Korupsi Layak Dituntut Hukuman Mati

Rumah Betang Saham adalah destinasi wisata yang unik dan menarik di Kalimantan Barat. Dengan memadukan keindahan alam dan kekayaan budaya, tempat ini menawarkan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung. Jelajahi keindahan dan kearifan lokal di Rumah Betang Saham, dan nikmati petualangan yang tak terlupakan di tanah Kalimantan Barat.

Dengan demikian, Rumah Betang Saham bukan hanya menjadi icon dari Kalimantan Barat tetapi juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin menyelami kekayaan budaya dan alam Indonesia. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment