Cerita Ani Sofian Pernah Menjabat Ketua RT

KalbarOnline, Pontianak – Suka duka menjadi ketua RT ternyata pernah dialami oleh Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian. Jauh sebelum dirinya berada di puncak karir seperti sekarang, ia pernah menjabat ketua RT selama dua periode di lingkungan rumahnya di Kabupaten Kubu Raya. Satu di antara hal yang menyenangkan menjadi ketua RT, menurut Ani, adalah kedekatan dengan sesama tetangga yang kian baik.

“Dukanya juga ada, kita selalu diminta untuk melayani warga tanpa istirahat, tetapi kita ikhlas mengerjakannya. Ketua RT itu berbeda dengan wali kota, kalau ketua RT ingin cepat ganti, kalau wali Kota inginnya lama,” ucapnya disambut tawa seluruh Ketua RT dan RW se-Kecamatan Pontianak Selatan, usai menyerahkan bantuan operasional di Kantor Camat Pontianak Selatan, Kamis (18/04/2024).

Baca Juga :  330 Guru Ngaji Tradisional Terima Bantuan Operasional Rp 1,8 Juta Per Orang dari Pemkot Pontianak

Ani menuturkan, selama dirinya menjadi ketua RT dulu, tidak pernah menerima uang operasional seperti yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, beberapa waktu ini. Ia mengajak ketua RT dan RW seluruh Kota Pontianak untuk bersyukur dengan dana operasional yang disalurkan, kendati menurut dia secara angka sangat minim.

“Jangan lihat nilainya, ini adalah kemampuan keuangan daerah, semoga kemampuan keuangan daerah kita kian meningkat, sehingga dana operasional untuk ketua RT ikut meningkat,” ujarnya.

Baca Juga :  Hadiri Upacara HUT ke-72 RI di Keboen Sajoek, Ini Harapan Sultan IX Pontianak

Sebanyak 3.259 RT dan RW di se-Kota Pontianak menerima masing-masing Rp 1,5 juta dari Pemkot Pontianak. Untuk Kecamatan Pontianak Selatan, penerima berjumlah 506 orang. Dana ini disalurkan sebagai langkah pihaknya mengoptimalkan peran RT dan RW mewadahi kebutuhan administrasi maupun program pemerintah lainnya. Untuk itu, dia berharap, masyarakat ikut peran serta membantu kinerja RT dan RW.

“RT dan RW membantu pemerintah menjalankan program, mensosialisasikan kebijakan sampai mengajak warga merencanakan program pembangunan,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment