PHBI Pontianak Gelar Salat Id 1445 H di Jalan Rahadi Usman

KalbarOnline, Pontianak – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak tengah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, salah satunya persiapan mengenai lokasi penyelenggaraan salat Ied berjemaah nantinya.

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menerangkan, salat Ied berjemaah akan dilakukan di ruas Jalan Rahadi Usman depan Taman Alun Kapuas. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pembersihan jalan tersebut terlebih dahulu dengan penyemprotan air oleh pemadam kebakaran, dan kemudian dilanjutkan dengan pengecatan saf-saf.

Ia pun mengajak umat muslim Kota Pontianak untuk ikut salat Ied berjamaah di depan Kantor Wali Kota itu.

Baca Juga :  Satpol PP Monitoring Kios Pedagang Nusa Indah II

“Mudah-mudahan berjalan sesuai harapan tidak ada kendala, cuaca bagus dan tidak panas, kami mengajak masyarakat untuk dapat melaksanakan salat Ied,” kata Ani seusai rapat bersama pihak terkait, di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (03/04/2024).

Pada pelaksanaan salat Ied 1445 H ini, bertindak selaku khatib yakni Muhajirin Yamis, dan selaku imam salat adalah Abdul Hakim. Ani mengatakan, untuk tanggal pastinya, pihaknya tentu akan menunggu hasil sidang isbat oleh pemerintah pusat.

“Sudah menjadi rutinitas tahun ke tahun umat muslim salat Ied di ruas Jalan Rahadi Usman, sebab sepanjang kawasan ini bisa menampung banyak jemaah yang ingin melaksanakan salat Ied di lapangan terbuka,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jamaludin Ditemukan Tewas Tertusuk di Belakang Hotel Garuda, Polisi Buru Pelaku

Rencananya, salat akan dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Agar pelaksanaan berjalan tertib dan lancar, para jemaah diharapkan hadir lebih awal untuk mengisi saf-saf yang masih kosong. Ani juga mengimbau jemaah salat Ied untuk tidak meninggalkan sampah di lapangan seperti kertas-kertas koran yang dijadikan alas untuk salat.

“Kami minta sampah-sampah kertas koran tersebut dibawa pulang oleh masing-masing jemaah sehingga tidak menimbulkan sampah di lapangan,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment