Pastikan Keamanan Rumah Sebelum Mudik

KalbarOnline, Pontianak –  Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengingatkan warga Kota Pontianak untuk mempersiapkan keamanan rumah saat ditinggal pada masa mudik lebaran tahun 2024.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri rapat Persiapan salat Idul Fitri (Ied) 1445 Hijriyah, di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (03/04/2024).

“Kalau mudik atau pulang kampung rumah dijaga. Kalau pulang semua (anggota keluarga), rumah dikunci, listrik dimatikan, serta peralatan masak dimatikan semua. Jika sudah aman baru pulang kampung,” pesannya.

Baca Juga :  Aksi Cegah Stunting di SMKN 4, Ani Anita Bagikan Tablet Tambah Darah ke Remaja Putri

Ani juga mengatakan, bahwa menjaga kesehatan dan keselamatan menuju waktu mudik serta saat dalam perjalanan mudik, menjadi prioritas yang harus diperhatikan masyarakat.

“Pemudik harus jaga kesehatan, keselamatan selama perjalanan, terus monitor rumah yang ditinggalkan,” ucapnya.

Masyarakat pun diimbau untuk menjalin komunikasi dengan tetangga di sekeliling rumah demi meningkatkan keamanan rumah saat masa mudik. Menurutnya, tetangga menjadi bagian yang penting dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar, terlebih saat masa mudik.

Baca Juga :  Anggota TNI yang Bunuh Tunangannya Dituntut Penjara Seumur Hidup

“Ketika pulang kampung dan tidak ada yang menunggu (rumah), tetangga kiri kanan dikasih tau. Sehingga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa segera dapat informasi,” tutup Ani.

Sebelumnya, Pj Wali Kota  menyampaikan, Pemerintah Kota Pontianak akan memfasilitasi Program Mudik Bareng yang berkolaborasi dengan berbagai perusahaan yang ada di Kota Pontianak melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment