Menteri Sandiaga Uno Kagumi Keseriusan Pemprov Kalbar Kembangkan Sektor Parekraf

KalbarOnline, Pontianak – Februari 2024 menjadi bulan yang sangat istimewa bagi masyarakat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), lantaran beragam event pariwisata dan ekonomi kreatif besar diselenggarakan dengan sangat meriah. Event-event tersebut bahkan menghadirkan langsung tamu dari seluruh wilayah Indonesia.

Diantaranya Saprahan Khatulistiwa yang digelar pada 17 – 23 Februari, launching Kalender Event Pariwisata 2024 pada 23 Februari, Rakornas Pariwisata se-Indonesia pada 22 – 24 Februari, Kalbar Food Festival pada 17 – 25 Februari dan dan Mini Festival Cap Go Meh pada 24 Februari.

Beragam event yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan leading sector Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar tersebut mendapatkan apresiasi langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno.

Sandiaga pun mengagumi keseriusan Pemprov Kalbar melalui Disporapar Kalbar dalam upaya pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya event sektor parekraf yang diselenggarakan Pemprov Kalbar sepanjang Februari 2024.

“Melalui penyelenggaraan seluruh event ini menjadi bukti keseriusan pemerintah daerah Provinsi Kalbar melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalbar untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalbar,” kata Sandiaga.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Harap Pontianak Sejajar dengan Kota Besar di Indonesia

Dirinya berharap, gelaran berbagai event yang diselenggarakan di Provinsi Kalbar tersebut bisa berjalan lancar dan sukses serta menjadi event yang berkelanjutan. Sehingga dapat mendorong pergerakan industri parekraf dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Terutama dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta dapat menimbulkan multiplier effect bagi para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Kalbar.

“Sukses Bu Windy, Ibu Kepala Kadisporapar dan juga Pak Pj Gubernur Kalbar,” sampai Sandiaga Uno.

Sementara itu Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengajak pemerintah kabupaten kota dan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar mengambil kesempatan di tengah banyaknya event yang digelar sepanjang Februari 2024.

“Waktunya Kalbar untuk mengambil kesempatan ini dan mempromosikan event-event, paket-paket wisata, dan ekonomi kreatif yang ada di Kalbar,” jelasnya.

Windy Prihastari meyakini, digelarnya event-event besar pariwisata tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Provinsi Kalbar. Apalagi event-event yang digelar sangat menarik dan istimewa.

Baca Juga :  Peringatan Nuzulul Qur'an Perkuat Silaturahmi

“Pertama yakni launching Kalender Event Kalbar 2024 yang setiap tahun kita laksanakan dan dua tahun berturut-turut langsung dilaunching oleh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno,” ungkap Windy.

Kemudian juga digelar Saprahan Khatulistiwa yang telah dilaksanakan selama empat tahun berturut-turut dengan berkolaborasi bersama Bank Indonesia. Dilanjutkan Rakornas Pariwisata yang secara langsung dihadiri kepala dinas pariwisata seluruh Indonesia.

“Kalbar menjadi tuan rumahnya, ini menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi Kalbar khususnya pelaku UMKM,” jelasnya.

Windy menyebutkan, Kalbar juga mengadakan Food Festival yang akan diselenggarakan akan dibuka pada 17 – 25 Februari mendatang. Dilanjutkan dengan Festival Mini Cap Go Meh pada 24 Februari di salah satu vihara terbesar di Kota Singkawang.

“Kami berharap momen ini tidak disia-siakan, karena bisa menjadi promosi besar buat Kalbar,” pungkas Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment