Pj Gubernur Harisson Minta Siswa-Siswi Mempawah Gunakan Hak Pilihnya pada Tanggal 14 Februari Nanti

KalbarOnline, Mempawah – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson didampingi Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson melaksanakan Sosialisasi Pemilih Pemula kepada siswa-siswi di SMK Negeri 1 Mempawah Hilir, Kecamatan Mempawah, Rabu (31/01/2024).

Ia menjelaskan, bahwa anak-anak di tingkat SMA umumnya sudah memiliki hak pilih, walaupun tidak semua. Karena umumnya berumur 15 hingga 19 tahun, tergantung dari masing-masing pribadinya. Seseorang dinyatakan sudah memiliki hak pilih ketika berumur 17 tahun.

“Tanggal 14 Februari nanti kita melakukan pemilihan umum. Yang kita pilih adalah calon legislatif DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi,  DPR RI, DPD RI dan presiden,” sampai Harisson.

Baca Juga :  Midji dan Muda Beda Pendapat Soal Peta Zona Risiko Covid

Ia pun mengajak pemilih pemula untuk peduli terhadap pesta demokrasi yang berlangsung 5 tahun sekali ini. Hal ini karena jumlah pemilih muda saat ini hampir 50 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah dirilis oleh Komisi pemilihan Umum (KPU).

Pj Gubernur Kalbar, Harisson foto bersama di sela-sela acara Sosialisasi Pemilih Pemula di SMK Negeri 1 Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Rabu (31/01/2024). (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar)
Pj Gubernur Kalbar, Harisson foto bersama di sela-sela acara Sosialisasi Pemilih Pemula di SMK Negeri 1 Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Rabu (31/01/2024). (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar)

“Saya harap adik-adik datang ke TPS. karena suara pemuda (16 – 30 tahun) komposisinya mencapai 46,8 persen dari semua pemilih. Ada kekhawatiran kami adik-adik untuk malas datang ke TPS. Sibuk sendiri, mungkin main game karena libur. Kita harus peduli kepada bangsa ini. Yang melanjutkan pembangunan-pembangunan di masa depan ini kan nanti adik-adik semua,” kata Harisson.

Baca Juga :  Sampaikan Pesan Cegah Stunting, PKK Pontianak Gandeng Moorlife Gelar Lomba Mewarnai dan Gerakan Makan Telur

Ia juga mengajak siswa-siswa di sekolah kejuruan kebanggaan Kota Mempawah ini untuk menjadi pemilih yang cerdas.

“Nanti jangan asal pilih. Pilih yang sesuai hati nurani adik-adik. Siapa yang program kerjanya dapat memenuhi kebutuhan adik-adik semua. Jadilah pemilih yang cerdas,” pintanya.

Kegiatan sosialisasi itu kemudian dilanjutkan dengan peresmian Kantin Sehat, Teaching Factory Bank Mini, Teaching Factory Jasa Layanan Perkantoran dan Bangunan DAK TA 2023. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment