Kodam XII Tanjungpura Siapkan 4.000 Personel Pengamanan Pemilu 2024

KalbarOnline, Pontianak – Kodam XII Tanjungpura menyiapkan sekitar 4.000 personel untuk pengamanan wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah pada pemilihan umum (pemilu) 2024.

Hal tersebut disampaikan Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan saat coffee morning bersama awak media wilayah Pontianak, di Lapangan Tembak Indoor Rahmad Kodam XII/Tpr, Kamis (14/12/2023).

“Kita punya dua provinsi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, kami sudah petakan jumlah sesuai dengan permintaan dari kepolisian, sekitar 4.000 personel tetapi itu pasukan yang inti, di luar juga ada pasukan cadangan yang kami selalu siapkan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam Iwan mengapresiasi awak media yang telah mendukung dan membantu Kodam XII Tanjungpura dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Baca Juga :  Basarah: Presiden Jokowi Jalankan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Ia juga menegaskan, bahwa dalam pesta demokrasi nanti, TNI akan mengawal pelaksanaan pemilu dengan aman dan TNI harus netral.

“Terima kasih kepada awak media yang telah membantu Kodam XII Tanjungpura selama saya menjabat maupun sebelum dan nanti kedepan, serta bagaimana kita menciptakan pesta demokrasi dengan aman, kondusif, dan yakinlah kepada TNI bahwa TNI akan mengawal pesta demokrasi dan TNI netral,” katanya.

Pangdam juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalbar maupun Kalteng.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Raih Tiga Penghargaan BKN Award 2021

“Terima kasih kepada semua pihak, karena sebelumnya Kalbar dan Kalteng diprediksi karhutla dan bencana asap di tahun ini akan besar-besaran, tetapi ternyata kita bisa atasi itu berkat dukungan semua,” tuturnya.

Untuk selanjutnya, Kodam XII Tanjungpura pun akan gelar pasukan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir.

“Kemudian kita juga akan gelar posko-posko di titik-titik yang rawan banjir dan sudah kita petakan. Kodim, Polres, saya dan Kapolda akan turun ke lapangan termasuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat,” tukasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment