Debat Perdana Capres 2024, KPU Bagi Enam Segmen

KalbarOnline, Nasional – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai sukses menyelenggarakan debat perdana calon presiden (capres) untuk pemilu 2024, di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Debat yang berlangsung selama kurang lebih dua jam itu ditayangkan secara live melalui akun YouTube KPU RI.

Debat perdana ini menghadirkan tiga kandidat calon, yakni Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Debat tersebut mengangkat tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Dalam sesi debat ini, KPU membaginya ke dalam enam segmen. Pertama yakni penyampaian visi misi dan program kerja. Adapun durasi yang diberikan masing-masing capres untuk penyampaian visi misi dan program kerja itu selama 4 menit.

Baca Juga :  KPU dan Bawaslu Dituntut Profesional Jaga Pemilu dari Kecurangan

Kemudian pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima, yakni merupakan pendalaman mengenai visi misi dan program kerja yang telah disampaikan ketiganya.

Di segmen ini, dua orang moderator, Ardianto Wijaya dan Velerina Daniel, yang memandu jalannya debat memberikan pertanyaan-pertanyaan dengan waktu menjawab masing-masing 2 menit.

Baca Juga :  Kantor Menko Perekonomian Undang 123 Kepala Daerah Bahas PPKM Mikro

Setelahnya, peserta debat lain akan saling menanggapi. Durasi yang diberikan untuk menanggapi dan menjawab tanggapan diberikan masing-masing 1 menit.

Pada segmen ini juga, para capres turut diberikan kesempatan untuk menanyakan persoalan antar satu sama lain. Dengan format waktu yang kurang lebih sama. Bertanya 1 menit, menjawab 2 menit, dan menanggapi ulang 1 menit dan seterusnya.

Selanjutnya, pada segmen keenam, masing-masing capres diminta memberikan kata penutup atau closing statement. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment