Satpol PP Terpaksa Rusak Gembok Gedung Perbasi Pontianak Demi Kejuaraan Basket Wali Kota Cup

KalbarOnline, Pontianak – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pontianak terpaksa merusak gembok gedung Perbasi yang masih dikunci oleh pihak pengelola. Pasalnya, gedung ini akan digunakan untuk Kejuaraan Basket Wali Kota Cup 2023 yang dilaksanakan hari ini, Senin (04/12/2023).

Ratusan peserta yang akan bertanding nampak menunggu pintu gedung terbuka.

Plt Kasat Pol PP Kota Pontianak, Yusnaldi mengungkapkan, upaya rusak paksa gembok ini adalah langkah terakhir setelah sebelumnya pihaknya sudah menghubungi pihak pengelola gedung Perbasi, namun tidak dihiraukan. Akhirnya, atas perintah Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Satpol PP harus merusak gembok gedung Perbasi agar pertandingan tetap bisa dilaksanakan.

“Saya sebagai Plt Kasatpol PP yang diperintahkan oleh Bapak Wali Kota, apabila koordinasi yang dilakukan dengan pemilik tidak dihiraukan, maka tugas kita harus melaksanakan tugas yang diperintahkan atasan,” katanya.

Baca Juga :  Lima Mahasiswa Prodi KPI IAIN Pontianak PPL di KalbarOnline.com

“Pintu ini dikunci, digembok, sudah dihubungi tapi tidak digubris. Gedung ini kan untuk masyarakat, untuk olahraga, untuk kemajuan bersama, siapa pun boleh menggunakan lapangan ini. Jangan sampai kegiatan olahraga terhambat,” sambungnya.

Sementara itu, Ongki Lesmana selaku pihak penyelenggara mengatakan, akibat pintu gedung Perbasi yang masih terkunci, pertandingan tertunda selama 1 jam dari yang sebelumnya harus dimulai pukul 12.00 WIB menjadi pukul 13.00 WIB.

Ia mengaku sempat menghadap ke Wali Kota Pontianak untuk meminta petunjuk agar pertandingan tetap bisa berjalan.

“Ketika lapangan belum dibuka, kita mencari solusi ke pemkot, saya menghadap Pak Wali meminta petunjuk bagaimana, agar kegiatan tetap bisa terlaksana dengan baik. Pak Wali mengizinkan dan sangat mendukung kegiatan olahraga di Pontianak ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Lasarus Sebut Tak Ada Alasan Pemerintah Tunda Pemekaran Kapuas Raya

Ongky menjelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin meningkatkan prestasi dan pembinaan dari atlet yang ada di Pontianak dan Kalbar. Pihaknya juga sudah menginformasikan kegiatan ini dari jauh hari kepada peserta.

“Kita tidak mau anak-anak atau peserta menjadi bertanya-tanya kapan akan dilaksanakan dan kapan lapangan dibuka, sehingga kita mencari solusi ke pemkot bagaimana kejuaraan ini tetap bisa berjalan di lapangan yang standar Perbasi ini, sehingga pembinaan bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Kejuaraan Basket Wali Kota Cup 2023 ini diikuti 55 tim yang berjumlah 975 orang, dengan kategori SD, SMP, mahasiswa, dan veteran. Kegiatan akan digelar dari tanggal 4 – 16 Desember 2023, di Gedung Perbasi Pontianak. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment