Salurkan Bantuan Sarpras bagi Petani, Wako Edi Harap Produksi Meningkat

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) pertanian kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Pontianak Utara, di Aula UPTD Agribisnis, Jalan Budi Utomo Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kamis (21/12/2023).

Edi menyebut, bantuan ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung perkembangan sektor pertanian di wilayah ini.

Menurutnya, sektor pertanian mengambil peran penting dalam menghadapi tantangan global, terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan. Pengembangan pertanian yang berkelanjutan dan berdaya saing harus menjadi prioritas utama untuk dikembangkan.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan bantuan pupuk kepada para petani. (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan bantuan pupuk kepada para petani. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Pontianak Utara memiliki potensi pertanian yang luar biasa, namun masih terdapat kendala-kendala dalam memanfaatkan potensi tersebut misalnya faktor cuaca, ketersediaan pupuk dan sebagainya. Oleh sebab itu, mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi para petani meningkatkan produksi hasil pertaniannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Jalur Kontainer dan Truk Muat Dialihkan ke Ahmad Yani, Utin: Kalau Langgar Aturan Akan Kita Tindak Tegas

Adapun bantuan sarana prasarana pertanian yang diserahkan terdiri dari pupuk, benih dan bibit tanaman serta alat-alat pertanian.

Edi bilang, bantuan ini tidak hanya menjadi stimulus awal bagi petani dalam meningkatkan produktivitas, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing komoditas pertanian.

Para petani penerima bantuan sarpras pertanian berfoto bersama Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (Foto: Prokopim Pontianak)
Para petani penerima bantuan sarpras pertanian berfoto bersama Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Melalui program ini, diharapkan petani dapat meningkatkan hasil panen, mengurangi kerugian akibat gagal panen, dan memperluas usaha pertanian mereka,” katanya.

Baca Juga :  Menuju Pilgub Kalbar 2018, Sutarmidji Akan Sowan ke Sejumlah Tokoh Sebelum Deklarasi

Dalam kesempatan itu, Edi juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan memanfaatkan lahan pertanian. Ia mengatakan bahwa pertanian yang berkelanjutan harus dilakukan dalam harmoni dengan alam, melalui penerapan teknik pertanian organik yang ramah lingkungan.

“Semoga pengembangan sektor pertanian di Kota Pontianak mencapai kemandirian pangan dan kesejahteraan petani yang lebih baik,” pungkasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment