Perdana Digelar di Pontianak, MTQ Antarbangsa se-Borneo Pererat Silaturahmi

KalbarOnline, Pontianak – Tiga negara yang terletak di pulau Borneo, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam ambil bagian dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antarbangsa se-Borneo.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berharap, perhelatan ini menjadi momentum mempererat silaturahmi antar masyarakat yang ada di pulau Borneo. Selain itu, pelaksanaan MTQ antarbangsa se-Borneo ini juga menjadi momentum dalam menggaungkan cinta terhadap Al-Qur’an, sehingga gemar membaca dan memahami serta mengamalkan isi kandungannya.

Meskipun MTQ Antarbangsa se-Borneo ini baru pertama kali digelar dengan waktu yang cukup singkat di Kota Pontianak Kalimantan Barat, namun diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di pulau Borneo.

Baca Juga :  Peringatan HKN ke-57, Wali Kota Edi Sebut Pejuang Kesehatan Berhasil Kendalikan Covid-19
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan piala kepada juara MTQ Antarbangsa se-Borneo. (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan piala kepada juara MTQ Antarbangsa se-Borneo. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Kita berharap kegiatan ini memberikan kesan yang baik, terutama sebagai ajang silaturahmi umat muslim se-pulau Kalimantan atau se-Borneo, yang kita rasakan itu, kita adalah serumpun,” ujarnya saat penutupan MTQ Antarbangsa se-Borneo di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (29/11/2023) malam.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, silaturahmi kita sesama umat muslim se-pulau Borneo ini semakin lebih akrab,” imbuhnya.

Selain itu, yang terpenting, lanjut Edi, melalui kegiatan keagamaan seperti ini mampu meningkatkan rasa ketakwaan dan ibadah dengan mempedomani Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Batalkan UU Ciptaker? Ini Penjelasan Pakar Hukum
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada penutupan MTQ Antarbangsa se-Borneo. (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada penutupan MTQ Antarbangsa se-Borneo. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Al-Qur’an ini menjadi pedoman bagi masyarakat se-Borneo yang mewarnai kehidupan kita sehari-hari dan ini sebenarnya tujuan utama kita dari kegiatan ini,” sebutnya.

Tak lupa, Edi Kamtono juga memberikan semangat kepada para kafilah dari delegasi yang hadir.

“Kepada peserta yang juara kami ucapkan selamat dan kepada peserta yang belum juara agar tetap semangat untuk berlatih,” tuturnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment