Kalbar Provinsi Ketiga Terbesar Kasus TPPO

KalbarOnline, Pontianak – Provinsi Kalimantan Barat menjadi salah satu daerah penyumbang kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) “online scam” terbesar ketiga setelah provinsi Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.

Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, usai Rapat Koordinasi dan Diskusi Publik Pencegahan TPPO, di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (21/11/2023).

“Sebaran daerah asal korban online scam ini banyak, tapi 4 daerah terbesar yaitu dari Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat dan Jawa Tengah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tekan Jumlah Pengangguran, Pemerintah Galakkan Program Kecakapan Wirausaha

Judha menerangkan, berdasarkan catatan sejak tahun 2020 hingga Oktober 2023, total ada lebih dari 3.300 kasus warga negara Indonesia yang menjadi korban online scam dan tersebar di 8 negara, termasuk Kamboja dan Myanmar.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. (Foto: Indri)
Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. (Foto: Indri)

Dari banyak kasus tersebut, korban didominasi oleh generasi muda dengan rentang usia 18 – 35 tahun dan mayoritas laki laki.

“Kita meminta kepada masyarakat untuk hati-hati terhadap berbagai macam tawaran pekerjaan ke luar negeri, jangan mudah terbujuk rayu dengan tawaran kerja yang mudah dengan gaji yang tinggi, namun tidak meminta persyaratan khusus, tidak ada fasilitas kontrak kerja, visa, dan sebagainya,” pesan Judha.

Baca Juga :  RSUD SSMA Gelar Halal Bihalal, Pererat Silaturahmi Sesama Pegawai

Ia mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terlebih generasi muda, untuk menjelaskan modus TPPO online scam, dan mendorong agar seluruh komponen masyarakat waspada mengenai kasus online scam. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment