Safriati Syafrizal Konfirmasi Kehadiran Ketum PKK Pusat di Kalbar Besok

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Bidang IV Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP-PKK Pusat, Safriati Syafrizal mengkonfirmasi kehadiran Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian di Provinsi Kalbar, Kamis (09/11/2023) besok.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan kata sambutan pada kegiatan Monev 10 Program Pokok PKK dan Tindak Lanjut Hasil Rakornas 2023, di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (08/11/2023).

Safriati Syafrizal mengku, sesuai arahan Ketum PKK Pusat, dirinya beserta rombongan diminta mengawali kunjungan kerja (kunker) ke Kalbar, Rabu (08/11/2023).

“Memang mendapat arahan untuk mendahului berkegiatan, baik itu dari TP PKK Pusarsaei Pokja 1,2,3,4 di Kalbar oleh Ketua Umum TP PKK Pusat. Nantinya Ibu Menteri (Tri Tito Karnavian) akan hadir pada kegiatan ini pada besok hari,” katanya.

Baca Juga :  Tiba di Pontianak, Wapres Ma'ruf Serahkan Bantuan Kemensos dan BPJAMSOSTEK kepada Warga

Ia menyampaikan, bahwa program dalam kunker ini sudah didesain oleh TP PKK Pusat untuk melihat kegiatan yang dilakukan di berbagai provinsi berkaitan dengan TP PKK.

“Yang kita ketahui bahwa kegiatan PKK ini ada dari pusat, provinsi kabupaten kota hingga desa dan kelurahan, bahkan sampai dengan dasawisma,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kalau Mendagri sering menyampaikan, bahwa program PKK adalah program yang dapat menyentuh sampai lapisan kecil yakni keluarga. Kondisi ini, kata dia, berbeda dengan di luar negeri, jika ada pegawai pemerintah yang datang ke satu rumah tangga untuk mengecek makanan di keluarga itu, mungkin bisa saja diusir oleh keluarga tersebut. Sebab dianggap ikut campur, karena ingin melihat makanan apa saja yang dikonsumsi di dalam keluarga itu.

Baca Juga :  Epidemolog: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Terhadap Keamanan Vaksin

“Tetapi di Indonesia, PKK punya kekuatan atau power untuk melakukannya. Hal ini untuk melihat dan memastikan apakah ada anak-anak kita yang stunting di dalam keluarga tersebut. Jadi kita boleh masuk sampai ke rumahnya, bahkan melihat langsung kebersihan dalam keluarga itu,” ujarnya.

Dalam kunker hari pertama ini, Safriati Syafrizal beserta rombongan juga mengunjungi lokasi penanganan stunting dan keluarga tangguh tanggap bencana, di Kelurahan Kota Baru dan Kelurahan Sungai Beliung Kota Pontianak.

Seperti diketahui bahwa, Kelurahan Kota Baru dan Kelurahan Sungai Beliung, Provinsi Kalbar telah dipilih menjadi pilot project dalam penanganan stunting dalam program keluarga sehat tanggap tangguh bencana oleh TP PKK Pusat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment