PSHT Rajai Perolehan Medali pada Festival Pencak Silat Tradisional Pendekar Wira Utama

KalbarOnline, Ketapang – Festival Pencak Silat Tradisional yang digelar dalam rangkaian Napak Tilas Kabupaten Ketapang Tahun 2023 secara resmi ditutup oleh Bupati Ketapang yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ketapang, Satuki Huddin, di Gedung Pancasila Ketapang, Senin (23/10/2023).

Dari 167 peserta dari 16 perguruan silat, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berhasil keluar sebagai juara umum dengan memperoleh 4 perak, disusul oleh Wekasan 2 emas 1 perunggu dan Rajawali memperoleh 1 emas 1 perunggu.

“Ini merupakan suatu potensi bagi kita ke depan untuk terus melakukan pembinaan sehingga atlet-atlet kita ini bisa meraih prestasi di tingkat provinsi maupun tingkat nasional bahkan dunia,” ujar Kadispora Ketapang, Satuki.

Baca Juga :  Wabup Ketapang Pimpin Rapat Pelepasan CJH 2023

Ia menilai, minat masyarakat Kabupaten Ketapang terhadap cabang olahraga pencak silat tradisional ini sangat luar biasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang melalui Dispora Ketapang bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Ketapang akan terus mengadakan kejuaran-kejuaraan lainnya.

“Kedepannya kalau perlu tidak hanya se-Kabupaten Ketapang, kalau perlu tingkat provinsi. Kita siap untuk menyelenggarakan itu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Maria Raissa Sofia Rantan, menjelaskan kalau ada 3 kategori yang ditandingkan yaitu Silat Kutemare, Silat Tangkai Bunge perguruan dan Silat Selendang.

“Lomba ini berlangsung selama 3 hari mulai dari Sabtu 21 Oktober hingga Senin 23 Oktober 2023, lomba ini masuk dalam rangkaian Napak Tilas Kabupaten Ketapang tahun 2023 dan berjalan dengan sukses,” jelasnya.

Baca Juga :  Pengurus Majelis Ta'lim Mualaf Ketapang Dikukuhkan

Sasa panggilan akrabnya itu berterima kasih kepada Ketua IPSI Ketapang, Uti Iskandar dan Yang Mulia Pendekar Wira Utama, Alexander Wilyo yang telah mendukung lomba ini hingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama seluruh elemen yang mendukung dari pemerintah daerah, donatur, IPSI, aparat keamanan, tenaga medis, perguruan silat, wasit dan juri, panitia maupun relawan yang telah memberikan tenaga, waktu dan pemikirian dari awal hingga akhir kegiatan ini.” pungkasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment