PBESI Gelar Liga 1 Esports Nasional Seri Dua di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menggelar turnamen Liga 1 Esports Nasional Seri Dua pada 13 – 15 Oktober 2023 di Gedung Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Kota Pontianak.

Sekretaris Jenderal PBESI, Frengky Ong mengatakan, bahwa Liga Esports Nasional ini telah dipersiapkan selama tiga tahun. Dijadikannya Kota Pontianak sebagai lokasi pelaksanaan seri dua ini bukan tanpa sebab, ia mengatakan banyaknya atlet esports nasional dan internasional yang berasal dari Kalbar.

“Pontianak adalah gudangnya atlet MLBB, para juara baik nasional dan internasional datangnya banyak dari Kalbar, jadi Kota Pontianak adalah gudangnya atlet esport Indonesia,” ujarnya dalam pembukaan Esports Nasional Seri Dua.

Frengky menyebutkan, bahwa Liga Esports Indonesia merupakan liga resmi dari PBESI atau liga resmi pemerintah Indonesia. Nantinya para atlet dari Liga ini akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional.

Baca Juga :  Bangunan Ambruk di Jalan Veteran, Kantor dan Koleksi Motor Balap Syarif Machmud Jadi Korban

“Jadi jenjang karirnya (para atlet) sudah kita pikirkan,” jelasnya.

Frengky berharap, Liga Esports Nasional di Kota Pontianak dapat membawa manfaat bagi daerah, tidak hanya melahirkan atlet berbakat tetapi juga menumbuhkan kreativitas esports untuk terus berkembang.

Wakil Ketua Esports Indonesia Kalbar, Suadi menilai, kalau liga esports ini sangat bermanfaat bagi generasi muda yang akan menjadi tumpuan bangsa ke depan. Melalui esports, kata dia, maka secara langsung generasi muda akan mengikuti perkembangan zaman.

Turnamen Esports yang diikuti oleh 12 tim dari berbagai wilayah Indonesia ini pun dinilainya membawa dampak positif bagi daerah.

Baca Juga :  HIPMI Kalbar Fokus Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi dengan Perkuat Digitalisasi UMKM

“Kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi antar atlet dari berbagai daerah, ke depan kita bersama secara nasional mewakili Indonesia dalam ajang Nasional,” tuturnya.

Kepada para atlet, ia berpesan untuk berlomba dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Selanjutnya, mewakili PJ Gubernur Kalbar, Natalia Karyawati mengatakan, esports saat ini sudah menjadi cabang olahraga yang populer di dunia, olahraga ini tidak hanya menuntut keterampilan dan ketangkasan, namun juga kerja sama tim.

“Dengan diselenggarakannya Esports Nasional di Kota Pontianak kita akan melihat talenta esports potensial,” katanya sembari berharap, melalui Esports Nasional ini dapat melahirkan atlet berprestasi di kancah Nasional dan Internasional. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment