HIPMI Kalbar Fokus Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi dengan Perkuat Digitalisasi UMKM

KalbarOnline, PontianakGhulam Mohammad Sharon resmi memimpin Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Kalimantan Barat masa bakti 2021-2024.

Dia bersama pengurus BPD HIPMI Kalbar dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming di Hotel Mercure Pontianak, Sabtu, 5 Maret 2022.

Sharon menegaskan, fokus HIPMI Kalbar ke depan yakni membantu pemerintah memulihkan ekonomi, salah satunya memperkuat digitalisasi UMKM. Hal ini sebagai satu kesiapan menghadapi disrupsi digital yang terjadi.

Olehkarena itu, Sharon menegaskan, HIPMI Kalbar akan terus menggandeng influencer dan para selebgram untuk bersama-sama membantu para pelaku UMKM.

“Tujuan kita mereka (influencer dan selebgram) ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online. Jadi salah satu tujuan utama kita adalah meningkatkan ekonomi masyarakat terutama dari UMKM agar bisa naik kelas,” kata Sharon.

Baca Juga :  Lasarus Sebut Tak Ada Alasan Pemerintah Tunda Pemekaran Kapuas Raya

Dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar satu even besar yakni program Pasar Digital (PaDI) UMKM yang bekerjasama dengan Kementerian BUMN. Nantinya, produk-produk pelaku UMKM Kalbar akan didaftarkan secara online.

“Jadi nanti BUMN-BUMN di Kalbar itu diharapkan dapat membeli produk-produk hasil UMKM Kalbar. Ini program Menteri BUMN Pak Erick Thohir. Dengan adanya program ini diharapkan UMKM Kalbar bisa naik kelas,” kata Sharon.

Sharon berujar, digitalisasi UMKM sangat penting. Sebab saat ini cukup banyak produk unggulan Kalbar namun belum bisa dinikmati secara luas. Seperti misalnya di Putussibau yang memiliki produk unggulan kerupuk basah atau temet. Problemnya, kata Sharon, temet ini hanya dinikmati masyarakat daerah perhuluan.

Baca Juga :  Edi Kamtono: HIPMI Kalbar Harus Mampu Cetak Sebanyak-banyaknya Entrepreneur Muda

“HIPMI inginnya orang-orang atau diaspora dari Kalbar ini bisa juga menikmati kerupuk basah Putussibau. Caranya dengan melakukan marketing digital. Jadi kita akan buat satu platform di Kalbar ini untuk bantu UMKM-UMKM. Sehingga produknya bisa dinikmati secara luas,” pungkas Sharon.

Diketahui, Ghulam Mohammad Sharon terpilih sebagai Ketum BPD HIPMI Kalbar masa bakti 2021-2024 melalui Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) HIPMI Kalbar yang berlangsung di Hotel Golden Tulip Pontianak, pada 15 Desember 2021 lalu.

Sharon didampingi Sudirman sebagai Sekretaris Umum dan Erry Iriansyah sebagai Bendahara Umum.

Comment