Google Rayakan Ulang Tahun ke-25, Berikut Sejarah Berdirinya

KalbarOnline.com – Salah satu perusahaan mesin pencari, Google merayakan ulang tahun ke-25 pada Rabu (27/9).

Di laman utama Google.com, tampilan doodle turut menyemarakkan hari ulang tahun Google.

Pengunjung akan melihat penampilan doodle warna-warni dan berubah-ubah sampai membentuk tulisan ‘G25gle’, saat mengunjungi laman raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu.

Pengguna juga akan mendapati taburan konfeti ulang tahun di tampilan atas hasil pencarian, saat doodle diklik.

Tepat di sudut kiri atas, tampilan hasil pencarian Doodle dengan angka 25  juga menghiasi hasil pencarian di Google hari ini.

“Doodle hari ini menandai ulang tahun Google yang ke-25. Terima kasih telah mencari bersama kami selama bertahun-tahun,” demikian keterangan Google sebagai kalimat penyambut di halaman spesialnya.

Sebagai informasi, Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page di Universitas Stanford pada 1995.

Kedua pendiri mesin pencari itu mempelajari ilmu komputer pada akhir 1990-an dan bertemu sebagai mahasiswa doktoral di jurusan yang sama Universitas Stanford.

Baca Juga :  Vivo Kembangkan Sensor Kamera Baru. Lebih Handal Untuk Lowlight

Saat itu, Larry Page itu sedang mempertimbangkan Stanford sebagai sekolah pascasarjana bertemu dengan Sergey Brin yang saat itu masih menjadi seorang siswa di sana.

Kemudian, keduanya menjalin kemitraan untuk membangun mesin pencari.

Mereka bekerja di kamar asrama untuk menentukan pentingnya halaman individual di World Wide Web (www).

Kala itu, keduanya menyebut mesin pencari dengan nama Backrub, seperti dikutip dari blog resminya. Lalu, Backrub berganti nama menjadi Google.

Ternyata, Google merupakan plesetan dari ekspresi matematika untuk angka 1 diikuti dengan 100 angka nol dan mencerminkan misi Larry dan Sergey ‘untuk mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal.’

Google menarik perhatian tidak hanya komunitas akademis, namun juga investor Silicon Valley, beberapa tahun berikutnya.

Kemudian, salah satu pendiri Sun Andy Bechtolsheim memberi modal kepada Larry dan Sergey sebesar US$100.000, dan Google Inc. secara resmi lahir, tepatnya pada Agustus 1998.

Baca Juga :  Jadi Google Doodle Hari Ini, Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso Ternyata Dokter Perempuan yang Mendunia

Berbekal investasi tersebut, tim yang baru dibentuk melakukan peningkatan dari asrama ke kantor pertama mereka pada 27 September 1998.

Mereka melakukan peningkatan di sebuah garasi yang berada di pinggiran kota Menlo Park, California, milik Susan Wojcicki (karyawan dan mantan CEO YouTube).

Alhasil, komputer desktop jadul, meja pingpong, dan karpet biru cerah menjadi pemandangan di siang dan malam hari di kantor baru tersebut.

Perusahaan berkembang pesat dengan merekrut insinyur, membangun tim marketing dan memperkenalkan anjing perusahaan pertama bernama Yoshka, di tahun-tahun berikutnya.

Akhirnya, Google memperluas garasinya dan pindah ke kantor pusatnya saat ini ‘The Googleplex’ di Mountain View, California. (*)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment