Vivo Kembangkan Sensor Kamera Baru. Lebih Handal Untuk Lowlight

Teknologi kamera di smartphone makin ke sini makin menakjubkan saja. Sekarang sudah sampai ke level membuat foto di malam hari, dengan hasil sebagus foto di siang hari. Ini berkat kemampuan sensor kamera menangkap obyek dengan sumber cahaya terbatas, yang semakin prima.

Tetapi rupanya para pabrikan smartphone masih belum puas dengan pencapaian yang ada. Mereka masih ingin mengembangkan lagi kemampuan sensor kamera, agar hasi foto malam/lowlight, makin bagus lagi. Itulah yang dilakukan Vivo, dengan mengembangkan sensor kamera RGBW (red, green, blue, white), yang lebih sempurna untuk kondisi cahaya temaram.

Vivo menyebut sensor kamera yang sedang dikembangkan itu sebagai sensor pertama yang dilengkapi RGBW matrix dan susunan filter warna. Sensor kamera baru ini, diklaim mampu meningkatkan efisiensi sensifitas foto 200% lebih tinggi, dibanding sensor konvensional RGGB (red, green, green, blue). Mampu menangkap foto lebih akurat dan jernih, demikian klaim Vivo. Bahkan disebutkan 60% lebih efisien dibanding sensor RYYB (red, yellow, yellow, blue) yang digunakan pada smartphone Huawei P40 Pro. Bahkan, tidak rentan terhadap masalah pewarnaan.

Baca Juga :  Review Samsung Galaxy M31, Lebih dari Sekadar Anti Lowbat

Teknologi baru sensor kamera ini, menurut Vivo, sudah dikembangkan secara diam-diam dalam setahun terakhir ini. Sementara lini produk yang bakal menggendong sensor kamera baru, kabarnya tengah dikerjakan, dan akan mulai dirilis pada 2021 mendatang.

Namun begitu, Vivo bukan pabrikan pertama yang menggunakan sensor RGBW. Pada 2015 lalu, Huawei sudah menerapkannya di serial P8. Huawei menggunakan teknologi ini untuk mengurangi noise ketika memotret pada kondisi low-light, serta memperbaiki tingkat kecerahan pada kondisi kontras yang tinggi.

Baca Juga :  Membandingkan Realme Buds Air Vs Apple AirPods 2, Harga Beda Jauh!

Pengalaman penggunaan sensor RGBW pada Huawei P8 itu menunjukkan, hasil yang lumayan bagus. Meski ada sedikit kelebihan brightness pada latar belakang, dan persoalan saturasi warna pada pemotretan suasana temaram. Tetapi itu kondisi pada 5 tahun lalu. Sekarang, pastinya kelemahan itu sudah diperbaiki, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

The post Vivo Kembangkan Sensor Kamera Baru. Lebih Handal Untuk Lowlight appeared first on KalbarOnline.com.

Comment