Tiba di Kalbar Usai Dilantik, Pj Gubernur Harisson Disambut Prosesi Adat Dayak dan Melayu

KalbarOnline, Kubu Raya – Sehari usai dilantik Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalbar Windy Prihastari bertolak ke Kalbar, Rabu pagi (6/9/2023).

Kehadiran Harisson dan Windy Prihastari di Bumi Tanjungpura langsung disambut dengan penuh suka cita. Prosesi penyambutan dilaksanakan di Gedung VIP Pemerintah Provinsi (Pemprov), Bandara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya.

Turun dari kendaraan yang menjemput, Pj Gubernur dan Ketua TP-PKK Kalbar disambut prosesi adat khas suku dayak Kalbar. Menurut Ketua Sekretariat Bersama Kesenian Dayak Kalbar Eugenne Yohanes Palaunsoeka, prosesi dimulai dengan menaburkan beras kuning sebagai simbol meminta keselamatan untuk semua. Serta keselamatan atas kehadiran pemimpin Kalbar tersebut.

“Kemudian segala yang jahat agar dibuang jauh-jauh,” katanya.

Setelah itu, lanjut dia, ada namanya tradisi jerat tangan. Dengan mengikatkan tali benang di pergelangan tangan Pj Gubernur Harisson. Makna dari mengikatkan tali tersebut adalah agar semanagat Pj Gubenrur dalam memimpin nanti, bisa sekuat tali benang yang diikatkan. Lalu disiramkan air baram sebagai tanda senang atau suka cita.

Baca Juga :  Kunker ke Sanggau, Windy Ikut Menanam hingga Memanen Cabai Rawit

Kemudian baru dilaksanakan tradisi memotong empang menggunakan senjata mandau khas suku dayak. Eugenne Yohanes Palaunsoeka menjelaskan, tradisi tersebut merupakan penggambaran, bahwa kehadiran Pj Gubernur Kalbar dapat memotong atau menghilangkan semua masalah yang ada.

“Dengan dipotong itu sebagai simbol semua masalah sudah selesai, sehingga (Pj Gubernur) diterima dengan baik di Kalbar. Jadi beliau datang itu untuk diterima dengan baik, dan membuang semua masalah yang ada. Ini (tradisi penyambutan) khas dayak Kalbar,” pungkasnya.

Setelah itu, Pj Gubernur Harisson dan Ketua TPP-Kalbar Windy Prihastari menyalami satu per satu jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar yang hadir. Selain itu juga dilaksanakan prosesi tepung tawar yang juga bermakna untuk meminta keselamatan atas kehadiran pemimpin Kalbar yang baru tersebut.

Baca Juga :  Tutup Rakor Tim Kewaspadaan Dini, Harisson Ajak Warga Kalbar Pelihara Stabilitas dan Ketertiban Umum

Seperti diketahui, sehari sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian resmi melantik dan mengambil sumpah Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Harisson, Selasa (5/9). Harisson dilantik bersama delapan Pj Gubernur se-Indonesia lainnya di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri, Jakarta Pusat.

Dengan demikian, Harisson resmi menggantikan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sutarmidji-Ria Norsan yang masa jabatannya berakhir pada 5 September 2023. Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 74/P Tahun 2023 tentang pengangkatan Pj Gubernur. Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Pj Ketua TP-PKK Kalbar Windy Prihastari.

Comment