Plh Sekda Kalbar Harap Kehadiran Bank Mini Tingkatkan Literasi Keuangan Sejak Dini

KalbarOnline, Pontianak – Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Alfian Salam meluncurkan Bank Mini se-Kalimantan Barat yang dipusatkan di SMK Negeri 3 Pontianak, Senin (04/09/2023).

Kegiatan ini terjalin atas kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat  melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat  dengan Bank Kalbar.

Keberadaan Bank Mini di sekolah tesebut diharapkan menjadi salah satu sumber belajar dan tempat praktik siswa untuk melakukan penerapan ilmu perbankan, yang mana aktivitas Perbankan ini dapat dilakukan dalam sebuah miniatur Bank yang berada di lingkungan sekolah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Rita Hastarita menyampaikan, bahwa membangun Bank Mini di seluruh SMK se-Kalbar merupakan arahan dari Gubernur Kalbar untuk pembelajaran perbankan bagi siswa.

“Memang sesuai dengan arahan Bapak Gubernur untuk membangun Bank Mini di seluruh SMK. Karena SMK itu ada jurusan yang terkait dengan pengelolaan keuangan yaitu akuntansi. Sehingga dalam upaya untuk media pembelajaran kepada siswa kita menyediakan tempat praktek sehingga dibangunlah Bank Mini pada seluruh SMK,” ucap Rita.

Lebih lanjut Rita mengungkapkan, tidak hanya siswa yang diwajibkan dalam membangun Bank Mini, namun para guru juga harus ikut andil membangun Bank Mini di sekolahnya.

Baca Juga :  Bahasan Wanti-wanti ASN Jaga Netralitas Jelang Tahun Politik 2024

“Pengolahannya memang nanti yang bekerja ini yang melaksanakan kegiatan merupakan siswa, namun ini merupakan upaya sebenarnya untuk pembelajaran pada anak anak. Tapi guru juga kita minta untuk ikut serta dalam membangun Bank Mini, jadi artinya nasabahnya itu nanti dari guru maupun dari pelajar,” terangnya.

Wanita ramah ini juga menyebutkan, bahwa launching (peluncuran) Bank Mini hari ini dilakukan secara serentak di 21 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kalbar.

“Jadi hari ini 21 sekolah yang melaksanakan launching Bank Mini, sisanya ini kami bertahap bersama Bank Kalbar untuk melaksanakan pelatihan, sehingga nanti secara bertahap ini seluruhnya dari 118 SMK itu membangun Bank Mini, setelah kita tuntas (SMK) nanti baru SMA,” tutupnya.

Plh Sekda Provinsi Kalbar, Alfian Salam mengatakan, bahwa peluncuran Bank Mini ini sebagai bentuk upaya dalam memberikan pemahaman dan melatih para siswa terkait ilmu keuangan maupun perbankan.

“Yang kita harapkan apa yang kita lakukan pada hari ini, bisa kita kembangkan sedemikian rupa dan berkelanjutan agar para siswa sebagai generasi muda saat ini benar-benar mampu dan memahami bagaimana mengelola keuangan secara individu dan tentu juga memahami bagaimana proses ekonomi yang ada di negara kita khususnya di Kalimantan Barat,” papar dia.

Baca Juga :  Direktur Biro Riset Media Infobank Bongkar Kinerja Keuangan Bank Kalbar Tiga Tahun Berturut-turut

Alfian berharap, dengan adanya Bank Mini ini, dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada para siswa sejak dini,  serta memberikan dorongan kebiasaan dalam menabung.

“Diharapkan jika terbiasa dalam menabung, akhirnya karakter mereka terbentuk yang mampu mengelola keuangan dan mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, hal seperti ini harus ditanamkan sebagai budaya siswa yang baik,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, para siswa benar-benar dapat menyongsong masa depan yang lebih baik, dengan adanya peluncuran Bank Mini tersebut dapat dijadikan tanda sebagai dimulainya pelaksanaan ataupun kegiatan Bank Mini di SMK Negeri se- Kalbar.

“Mudah mudahan apa yang kita lakukan hari ini benar-benar memberi manfaat. Terutama bagi para siswa dan kita juga berharap dukungan, bimbingan dari perbankan dan termasuk para guru yang juga menjadi contoh bagi para siswa yang ada, baik di SMK Negeri  3 Pontianak maupun di SMK yang ada di Kalimantan Barat,” tuturnya.

Sebelumnya, peluncuran Bank Mini ini ditandai dengan pemotongan pita yang turut disaksikan secara langsung oleh Kepala Instansi vertikal dari perbankan dan beberapa kepala perangkat daerah Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment