Spanta Percussion SMPN 3 Pontianak Raih Medali Emas Dalam Ajang FLS2N

KalbarOnline, Pontianak – Tim Spanta Percussion dari SMPN 3 Pontianak sukses mempersembahkan medali emas sebagai Penyaji Musik Tradisional Terbaik mewakili Provinsi Kalbar, pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) di Swiss-Belhotel Mangga Besar di Jakarta, Jumat (18/08/2023) malam.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Tim Spanta Percussion SMPN 3 yang telah mengharumkan nama Kota Pontianak dan Provinsi Kalbar di kancah nasional. Capaian yang membanggakan ini disebutnya sebagai bukti bahwa dengan usaha keras, ketekunan dan semangat, di mana setiap orang dapat meraih prestasi yang gemilang. 

“Saya berharap prestasi yang luar biasa ini akan menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus mengembangkan dan menggali potensinya masing-masing, tidak hanya di bidang seni tetapi bidang-bidang lainnya,” ujarnya saat diwawancarai, Minggu (20/08/2023).

Spanta Percussion SMPN 3 Pontianak. (Foto: Indri)
Spanta Percussion SMPN 3 Pontianak. (Foto: Indri)

Menurutnya, dalam era modern ini, di tengah arus globalisasi, penting bagi generasi muda untuk tetap menghargai dan melestarikan warisan budaya termasuk di antaranya musik tradisional. Prestasi yang diraih Spanta Percussion dari SMPN 3 Pontianak pada FLS2N tingkat nasional ini bukan hanya tentang keahlian musik, tetapi juga tentang bagaimana memperkokoh identitas lokal dan membangun rasa cinta terhadap tradisi.

Baca Juga :  Masyarakat Kalbar Desak Realisasi PLBN Sungai Kelik Sintang

“Saya berharap prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kesenian tradisional kita,” harapnya.

Baca Juga :  Ahli: Sedihnya Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Banyak dari India

Edi juga menyampaikan apresiasinya kepada para guru dan orang tua yang telah membimbing dan mendorong semangat para siswa SMPN 3 sehingga bisa memberikan kebanggaan bagi sekolah, Kota Pontianak dan Provinsi Kalbar.

Tim Spanta Percussion dari SMPN 3 Pontianak sukses mempersembahkan medali emas sebagai Penyaji Musik Tradisional Terbaik mewakili Provinsi Kalbar, pada ajang FLS2N. (Foto: Indri)
Tim Spanta Percussion dari SMPN 3 Pontianak sukses mempersembahkan medali emas sebagai Penyaji Musik Tradisional Terbaik mewakili Provinsi Kalbar, pada ajang FLS2N. (Foto: Indri)

“Semoga mereka terus bersemangat dalam mengembangkan bakat dan minat mereka sehingga bisa terus mengukir prestasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Spanta Percussion berhasil lolos ke babak 10 besar FLS2N yang digelar Kemendikbud Ristek pada cabang musik tradisional. SMPN 3 Kota Pontianak yang mewakili Provinsi Kalbar mampu mengungguli berbagai sekolah lain dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri yang menjadi peserta ajang FLS2N tersebut. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment