Pemprov Kalbar Gelontorkan Rp 130 M untuk Jalan Provinsi di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelontorkan sedikitnya Rp 130 miliar untuk pembangunan lima ruas jalan provinsi di Kabupaten Ketapang. Ruas-ruas jalan itu diantaranya jalan batas Kota Ketapang – Pesaguan – Simpang Pelang, ruas jalan Tumbang Titi – Tanjung, ruas jalan Tanjung – Marau – Air Upas dan ruas jalan Air Upas – Manis Mata.

“Di tahun 2023 ini saja misalnya, total anggaran untuk pembangunan jalan provinsi di Kabupaten Ketapang mencapai lebih dari Rp 130 miliar. Satu kilometer itu (butuh) Rp 9 miliar,” ujar Gubernur Kalbar, Sutarmidji di sela-sela kunjungan kerja (kunker) ke kabupaten paling selatan provinsi ini, Rabu (26/07/2023).

Sutarmidji menyatakan, bahwa agenda utama dirinya melaksanakan kunker di Kabupaten Ketapang ialah guna melihat langsung progres pembangunan ruas jalan provinsi di sana.

“Saya di penghujung masa jabatan ini, coba mau melihat langsung kondisi jalan provinsi. Beberapa ruas sudah hampir tuntas, kayak (ruas jalan) Marau hampir tuntas, Manis Mata juga, tinggal Jelai Hulu yang masih agak berat,” ucapnya.

Sutarmidji pun memprediksi, bahwa seluruh ruas jalan provinsi yang menghubungkan pusat Kota Ketapang hingga Kecamatan Manis Mata, bisa tuntas dibangun dalam tiga tahun anggaran lagi.

“Kecuali memang (kawasan perkebunan) sawit yang lalu-lalang kendaraan besar, jangan diaspal, tapi dibuat (fungsional) tidak becek,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalbar, Iskandar Zulkarnaen merincikan, terdapat lima ruas jalan provinsi di Kabupaten Ketapang yang ditangani pada tahun 2023 ini. Diantaranya, peningkatan Jalan Batas Kota Ketapang – Pesaguan – Kendawangan dengan pagu anggaran sekitar Rp 5 miliar.

Kemudian peningkatan Jalan Tumbang Titi – Tanjung dengan nilai kontrak Rp 28,93 miliar. Peningkatan Jalan Tanjung – Marau – Air Upas dengan nilai kontrak sebesar Rp 50,56 miliar. Selanjutnya peningkatan Jalan Air Upas-m – Manis Mata dengan nilai kontrak Rp 29,52 miliar dan peningkatan Jalan Simpang Sei Gantang – Teluk Batu dengan nilai kontrak Rp 17,24 miliar.

Baca Juga :  Polres Ketapang Terjunkan Personel Jaga, Berikan Rasa Aman dan Nyaman Masyarakat Laksanakan Salat Tarawih

“Dari lima ruas jalan tersebut, total anggaran yang dikucurkan Pemprov mencapai lebih dari Rp 130 miliar, murni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalbar,” terangnya.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama masyarakat dan anak-anak Desa Sari Bekayas SP6, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang. (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama masyarakat dan anak-anak Desa Sari Bekayas SP6, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Jalan Mulus, Elektabilitas Gubernur Kian Bagus

Berbagai pembangunan, perbaikan atau peningkatan jalan provinsi yang dilakukan oleh Pemprov Kalbar, telah membawa dampak signifikan bagi peningkatan taraf hidup dan ekonomis masyarakat Kabupaten Ketapang.

Mewakili masyarakat, Bupati Ketapang Martin Rantan mengucapkan terima kasih kepada gubernur karena terus membangun jalan provinsi yang membentang dari Ketapang hingga ke Manis Mata.

“Masyarakat sangat terbantu, jadi mudah-mudahan bisa beres,” tuturnya.

Dirinya dan masyarakat Ketapang pun sangat bersyukur, bahwa dari sekian kabupaten, Ketapang menjadi daerah yang mendapatkan alokasi anggaran paling besar untuk pembangunan jalan.

“Yang saya dengar memang ini yang paling besar di Kalbar untuk Kabupaten Ketapang. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur,” tukas Martin.

Martin mengungkapkan, bahwa ungkapan syukur dan terima kasih masyarakat itu juga berpengaruh pada tingkat keterpilihan (elektabilitas) Sutarmidji di Kabupaten Ketapang. Ia menyebut kalau elektabilitas Sutarmidji di Ketapang masih sangat tinggi. Hal itu lagi-lagi, karena masyarakat di sana benar-benar merasakan perhatian sekaligus dampak dari pembangunan yang ada.

“Apalagi dengan Bapak (Sutarmidji) membangun jalan (provinsi) sampai ke Manis Mata, artinya tanggung jawab provinsi yang berada di kabupaten ini sudah bapak laksanakan,” katanya.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan rombongan disambut antusias oleh masyarakat dan anak-anak Desa Sari Bekayas SP6, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang. (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan rombongan disambut antusias oleh masyarakat dan anak-anak Desa Sari Bekayas SP6, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Tak Mampu Berkata-kata

Senada dengan Bupati Martin, Kepala Desa Manis Mata, Said Supyandi juga menyampaikan, kalau ia dan masyarakatnya merasa sangat bersyukur, bahwa dalam lima tahun Sutarmidji menjabat sebagai gubernur, sudah banyak pembangunan yang dirasakan. Said bahkan mengaku telah kehabisan kata-kata untuk mengungkapkan rasa terima kasih itu.

Baca Juga :  Lantik 19 Pejabat Struktural, Bupati Martin: Pahami Visi dan Misi Kabupaten Ketapang

“Hari ini beliau (sudah) tepati (janji-janji), dan kami seluruh masyarakat Manis Mata tentu rasanya tidak mampu berkata-kata, selain ucapan terima kasih. Saya tak perlu sebutkan apa yang beliau janjikan kepada kita semua, dan bisa kita rasakan dengan nyata,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara ramah tamah bersama Gubernur Kalbar di Kecamatan Manis Mata, Selasa (25/07/2023) malam.

Menurut Said bukan hanya warga Manis Mata saja yang merasakan dampak dari pembangunan tersebut, tapi juga daerah di sekitarnya, seperti Air Upas, Marau, Tumbang Titi, dan lainnya.

“Mudah-mudahan kelak jalan ini (Manis Mata) menyambung tanpa putus-putus lagi sampai ke Tumbang Titi – Ketapang. Kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bapak Gubernur,” sampai Said.

Apresiasi serupa juga keluar dari bibir Sekcam Manis Mata, Zulkarnain yang hadir dalam acara makan malam bersama gubernur itu. Ia menyampaikan, atas nama pemerintah Kecamatan Manis Mata dan segenap masyarakat di sana, sangat mengapresiasi kehadiran gubernur beserta rombongan yang telah melakukan kunker hingga ke Desa Manis Mata.

Ia turut mengutarakan, bahwa masyarakat Manis Mata sangat berbahagia dengan kunjungan Gubernur Kalbar.

Selanjutnya, Zulkarnain juga menyampaikan, banyak hal yang telah dirasakan masyarakat selama pemerintahan Gubernur Sutarmidji dan Wakil Gubernur Norsan, terutama bagi Kecamatan Manis Mata dan sekitarnya.

“Salah satunya adalah pembangunan jalan provinsi. Dengan semakin baiknya jalan provinsi tahun ke tahun, yang telah dirasakan masyarakat, dapat menghidupkan perekonomian masyarakat, dapat dinikmati juga oleh pengguna jalan dari provinsi tetangga yakni Kalteng,” ungkap Zulkarnain. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment