Sekda Harisson: Butuh Kesiapan Mental dan Spiritual Hadapi Perubahan

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, Harisson menghadiri penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV dan Angkatan V Tahun 2023 di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kantor BPSDM Provinsi Kalbar, Kamis (27/07/2023).

Dalam sambutannya, Harisson menjelaskan, kalau PKP yang diselenggarakan ini merupakan persyaratan dalam menduduki jabatan struktural dan juga merupakan salah satu upaya Pemprov Kalbar untuk melakukan pengembangan kompetensi ASN, terutama pejabat struktural eselon IV atau pengawas, baik di provinsi maupun kabupaten/kota agar terjadi peningkatan kinerja pelayanan publik di masing-masing unit kerja, hingga akhirnya, akan berdampak positif terhadap penyelenggaraan pemerintah di daerah.

“Dengan telah selesainya pelatihan ini, bukan berarti aksi perubahan atau inovasi yang telah dibuat dibiarkan begitu saja tanpa diimplementasikan. Saya berharap aksi perubahan yang dibuat oleh peserta bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tujuan utama dari pelatihan kepemimpinan ini,” terang Harisson.

Selanjutnya ia mengharapkan, para peserta pelatihan selalu berupaya menjadi yang terbaik selama dalam proses pendidikan digelar.

Baca Juga :  Sambangi RS Dharmais, Dirut Bank Kalbar Sampaikan Duka Mendalam Atas Meninggalnya Mantan Sekda M Zeet Assovie

“Kalau mengikuti pendidikan itu upayakan untuk menjadi yang terbaik dan serius, terkadang kita (peserta) mau serius untuk menjadi terbaik ada aja kawan kita bilang ‘biasa-biasa aja’ selama pelatihan dan mempengaruhi kita untuk menjadi terbaik. Dan itu jangan kita hiraukan, kita harus tetap fokus,” tegasnya.

Selain itu, dirinya meminta para pejabat struktural dan pejabat fungsional untuk selalu fleksibel dalam menghadapi segala berbagai perubahan yang sangat cepat tanpa bisa diprediksi.

Sekda Provinsi Kalbar, Harisson foto bersama peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV dan Angkatan V Tahun 2023, di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kantor BPSDM Provinsi Kalbar, Kamis (27/07/2023). (Foto: Jauhari)
Sekda Provinsi Kalbar, Harisson foto bersama peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV dan Angkatan V Tahun 2023, di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kantor BPSDM Provinsi Kalbar, Kamis (27/07/2023). (Foto: Jauhari)

“Oleh karena itu dibutuhkan kesiapan mental dan spiritual agar dapat menghadapi perubahan yang terjadi dan ciptakan organisasi yang adaptif dalam menyikapi perubahan yang terjadi,” ujarnya.

Dengan model kerja seperti itu, dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi baik hambatan struktural maupun hambatan administratif dan selalu membiasakan perubahan dan memperbaharui kebiasaan yang ada sehingga pelayanan publik maupun kinerja dapat dilaksanakan secara optimal.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Harisson juga menyerahkan piagam penghargaan bagi peserta terbaik Pelatihan Kepemimpinan Pengawasan Provinsi Kalbar Angkatan IV, yang pertama yakni diraih oleh Santi Rahmawati peserta dari Inspektorat Provinsi Kalbar, terbaik kedua Zulverdi Fahmi dari UPT Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Provinsi Kalbar, dan terbaik ketiga Desi Ariani dari Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  RSUD Soedarso Pontianak Rawat Dua Pasien Dalam Pengawasan Corona, Satu WNA di Ketapang

Sedangkan untuk peserta terbaik Pelatihan Kepemimpinan Pengawasan angkatan V, pertama oleh Windi Septiani dari Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kubu Raya, terbaik kedua Yakobus Tefa dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar, dan terbaik ketiga Duli Marten dari UPT Perlindungan Perempuan dan Anak DPPPA Provinsi Kalbar.

Kegiatan penutupan PKP tersebut turut dihadiri, Kepala BPSDM Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral dan perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar dan pemerintah kabupaten. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment