Pemkab Ketapang Lakukan Kerja Sama Bidang SDM Pariwisata dengan Stipram Yogyakarta

KalbarOnline, Yogyakarta – Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Wakil Bupati Ketapang, Farhan melakukan penandatangan MoU bersama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (Stipram) Yogyakarta, di Stipram Yogyakarta, pada Jumat (07/07/2023).

Adapun penandatanganan MoU ini dalam rangka peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya pariwisata melalui kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Wabup dalam kegiatan tersebut didampingi Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM, Absalon, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Kaban BKPSDM, Sekretaris BPKAD, Kabag Prokopim, Kabag Umum Setda Ketapang, Wakil Ketua TP PKK, Tim TP3D Ketapang dan para staf Pemda Ketapang.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menindaklanjuti (pertemuan, red) beberapa tahun lalu kita pernah berkoordinasi di Stipram, oleh karena itu kami sangat senang,” ujar Farhan saat menyampaikan sambutannya.

Baca Juga :  Dirut PLN "Jemput Bola" Hingga ke Prancis , Bangun Kolaborasi Global Kembangkan Pembangkit Hidrogen

Lebih lanjut ia berharap, dengan kerja sama ini Kabupaten Ketapang terus berkembang, salah satunya di bidang pariwisata.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, Ketapang terus berkembang, salah satunya SDA-nya dapat dikelola dan tentu pariwisata menjadi sumber yang mendukung,” ucapnya.

Wabup menjelaskan, bahwa posisi Kabupaten Ketapang sangat strategis sehingga memungkinkan untuk pengembangan khusus di bidang pariwisata.

“Melihat potensi daerah Kabupaten Ketapang ini, tentu saya sangat berambisi untuk bagaimana mengembangkan pariwisata,” tuturnya.

Namun demikian, Farhan menyadari, bahwa SDM yang dimiliki untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Ketapang saat ini belum sepenuhnya optimal.

“Oleh karena itu, kami mengetahui bahwa Stipram Yogyakarta memiliki pengalaman kepariwisataan, sehingga dengan adanya kerjasama ini dapat memajukan kepariwisataan Kabupaten Ketapang,” harapnya.

Di akhir sambutan, Wabup Farhan turut menyampaikan sebuah pantun yang dikarangnya sendiri.

Baca Juga :  Wabup Farhan Serahkan Santunan Kematian dan Beasiswa Pendidikan Peserta BPJS Ketenagakerjaan

“Pergi ke Jogja membeli bakpia, tak lupa juga membeli sepatu, kami tunggu aksi nyatanya, agar pariwisata Ketapang semakin maju,” ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Stipram, Suhendroyono menyambut baik atas kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang.

“Kami berharap ke depan mudah-mudahan pariwisata kita berkembang lebih baik lagi dari negara yang bukan pariwisata,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan, bahwa Stipram Yogyakarta menempati peringkat 4 di webometrics Internasional dari perguruan tinggi seluruh dunia, kemudian di dalam negeri menempati peringkat pertama, dan untuk jenjang pendidikan pariwisata perguruan tinggi di Yogyakarta juga menempati peringkat 1.

“Maka saya bahagia sekali bapak ibu sekalian berkenaan hadir di sini untuk meningkatkan SDM di bidang pariwisata ini,” pungkasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment