Gubernur Sutarmidji Lepas 127 Atlet Pornas Korpri Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji melepas keberangkatan 127 atlet yang tergabung dalam kontingen Korpri Provinsi Kalimantan Barat untuk mengikuti Pornas Korpri ke-16 di Aula Garuda Gedung Pelayanan Terpadu, Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (07/07/2023) pagi.

Hadir mendampingi Sutarmidji, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar yang juga Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Kalbar, Harisson.

Kegiatan Pornas Korpri sendiri akan dilaksanakan di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, mulai dari tanggal 13 hingga 23 Juli 2023 mendatang. Kegiatan ini merupakan kegiatan penelusuran bibit olahragawan berbakat yang berpotensi menciptakan prestasi olahraga di antara para anggota Korpri untuk membentuk watak dan kebiasaan positif bagi setiap diri Pegawai melalui kegiatan berolahraga.

Dalam sambutannya, Gubernur Sutarmidji berharap kontingen Kalbar bisa berprestasi dan tetap mengedepankan sportivitas dalam bertanding.

“Harapan saya beserta wagub, kita bisa berprestasi dalam kegiatan ini. Jaga nama baik, dan junjung tinggi sportivitas. Di manapun kita berada harus mengukir prestasi, karena dari sisi kinerja sudah baik dengan pencapaian pencapaian yang baik terutama prestasi di bidang tata kelola pemerintahan, sehingga ini semua harus sejalan dengan prestasi di bidang olahraga,” ujarnya.

Selanjutnya orang nomor satu di Kalimantan Barat ini mengajak seluruh jajaran untuk mengubah image orang tentang Kalimantan yang dianggap tertinggal.

Baca Juga :  Tiga Bupati di Kalbar Batal Akhiri Masa Jabatan pada 31 Desember 2023

“Semua jajaran pemprov itu harus berpikir bagaimana kita mengubah image (penilaian) orang bahwa kita di Kalimantan ini yang selalu tertinggal dari daerah di Jawa, kita buat bahwa kita ini juga tidak kalah dengan daerah Jawa,” pintanya.

“Kemarin saya berbincang dengan Ketua Komisi X (DPR RI), mereka mengikuti perkembangan prestasi Kalbar yang sudah dicapai dalam tata kelola pemerintahan, sehingga mereka berpikir bahwa Kalbar yang dulunya selalu berada dibawah pada pulau Kalimantan sekarang sudah meningkat,” sambungnya.

Foto bersama kontingen Korpri Provinsi Kalbar di Aula Garuda Gedung Pelayanan Terpadu, Kantor Gubernur Kalbar. (Foto: Jauhari)
Foto bersama kontingen Korpri Provinsi Kalbar di Aula Garuda Gedung Pelayanan Terpadu, Kantor Gubernur Kalbar. (Foto: Jauhari)

Sutarmidji mengaku bahwa Kalbar saat ini sudah jauh lebih baik dari sisi prestasi, kendati dengan modal APBD yang relatif lebih kecil.

“Kecuali Kaltim ya, karena mereka (Komisi X) juga memahami, Kaltim APBD-nya sangat besar di atas Rp 15 triliun. Oleh karena itu, kita tunjukkan dengan anggaran kita yang tidak seberapa kita bisa lebih dari daerah yang anggarannya lebih 2 atau 3 kali lipat dari kita,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Kalbar, Harisson menyampaikan, bahwa atlet Provinsi Kalbar yang dikirim siap berprestasi pada perhelatan Pornas Korpi ini.

‘’Jumlah atlet Korpri sebanyak 127 orang atlet, yang berasal dari perwakilan provinsi, kantor wilayah/kementerian/lembaga non departemen dan kabupaten/kota se-Kalbar. Sebelumnya, untuk menentukan atlet ini dilaksanakan melalui seleksi terbuka dan pertunjukan langsung yang dilaksanakan pada 14 Mei sampai 4 Juni 2023 lalu,” katanya.

Baca Juga :  Guru Non PNS Hanya Mengajar di Satu Sekolah

“Semoga kita bisa sejalan dengan apa yang diharapkan Bapak Gubernur, mengharumkan nama Kalimantan Barat di tingkat Nasional,” ucap Harisson.

Sebagai informasi, adapun cabang-cabang olahraga dan jumlah atlet Korpri asal yang akan berlaga pada Pornas Korpri nantinya yakni:

  1. Cabang Olahraga Futsal, jumlah atlet 14 orang.
  2. Cabang Olahraga Volly Putra, jumlah atlet 11 orang.
  3. Cabang Olahraga Volly Putri, jumlah atlet 11 orang.
  4. Cabang Olahraga Bulu Tangkis Putra, jumlah atlet 14 orang.
  5. Cabang Olahraga Tenis Meja Putra, jumlah atlet 8 orang.
  6. Cabang Olahraga Tenis Meja Putri, jumlah atlet 6 orang.
  7. Cabang Olahraga Tenis Lapangan Putra, jumlah atlet 9 orang.
  8. Cabang Olahraga Tenis Lapangan Putri, jumlah atlet 7 orang.
  9. Cabang Olahraga Catur Putra, jumlah atlet 4 orang.
  10. Cabang Olahraga Catur Putri, jumlah atlet 4 orang.
  11. Cabang Olahraga Balap Sepeda, jumlah atlet 7 orang.
  12. Cabang Olahraga Basket, jumlah atlet 15 orang.

Pada kegiatan tersebut, turut dihadiri kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, atlet, official, pelatih dan pendamping dari setiap cabang olahraga. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment