Hadiri Khitanan Massal Bank Kalbar, Sekda Harisson: Tanamkan Keberanian dan Kebersihan kepada Anak

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson menghadiri acara khitanan massal dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Kalbar yang ke-59 Tahun 2023, di Aula Gedung Diklat Bank Kalbar, Jalan Untung Suropati Pontianak, Minggu (18/06/2023).

Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalbar dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan khitanan massal ini.

Harisson menilai, bakti sosial ini merupakan kegiatan mulia yang dapat menjalin silaturahmi serta sebagai wujud sumbangsih kepedulian Bank Kalbar kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dengan mengusung tema Lets Go Charity Program pada Perayaan HUT Bank Kalbar tahun ini sungguh terasa manfaatnya pada masyarakat yang membutuhkan, seperti kegiatan yang kita ikuti pada hari ini yang merupakan kegiatan yang sangat mulia,” katanya.

Sekda menyampaikan, kegiatan khitanan massal ini juga merupakan manifestasi dari pelaksanaan ibadah. “Kita doakan mudah-mudahan anak yang baru dikhitan ini akan menjadi anak yang sholeh, taat pada agama, berbakti pada kedua orang tuanya, berguna pada Nusa dan Bangsa”, harapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa dengan kegiatan ini, diharapkan anak-anak sudah diajarkan akan pentingnya kesehatan dan kebersihan serta meminimalisir risiko penularan penyakit sejak dini.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Semua Hewan Kurban yang Dikonsumsi Benar-benar Dimasak: Insya Allah Aman!

“Jadi kepada anak-anakku, buang rasa takut untuk dikhitan, sakit yang dirasa hanya sebentar, karena ketika sudah dikhitan kalian harus bangga, itu artinya kalian sudah tambah dewasa, maka jadilah anak yang baik, berbakti pada orang tua, rajin ibadah dan terus belajar,” harapnya.

Kemudian, dalam laporannya, Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi menjelaskan, bahwa pelaksanaan bakti sosial sudah tiga tahun vakum lantaran adanya pandemi Covid-19. Dan untuk tahun ini, dimulai lagi pelaksanaan beberapa kegiatan, seperti donor darah yang menargetkan 400 kantong darah bagi PMI Kalbar namun hanya 270 kantong darah yang bisa diberikan.

“Pada hari ini kami menargetkan 150 orang anak-anak yang akan dikhitan, dan dari informasi panitia sudah ada 145 orang yang mendaftar akan dikhitan pada hari ini,” katanya.

Rokidi mengungkapkan, bahwa sebetulnya banyak rangkaian kegiatan dari Bank Kalbar yang bersifat sosial, selain donor darah dan sunatan massal, seperti kegiatan bantuan kepada para duafa, fakir miskin, yatim piatu, anjangsana (silaturahmi) kepada para mantan pejabat Bank Kalbar yang dulu pernah membesarkan Bank Kalbar.

Baca Juga :  Midji Pastikan Tindak Akun Medsos yang Menghasut di Tengah Pandemi

Insya Allah, apabila pada saatnya pandemi Covid-19 ini telah dicabut oleh pemerintah, maka kegiatan Bank Kalbar akan kami laksanakan dengan semaksimal mungkin, karena bagaimanapun Bank Kalbar adalah bank kita, milik kita dan oleh karena itu sudah sewajarnya kita akan darma-baktikan untuk kepentingan masyarakat,” tutup Rokidi.

Usai menyampaikan sambutannya, Sekda Kalbar dan para komisaris dan direksi yang hadir, berkesempatan memberikan bingkisan kepada perwakilan peserta khitanan massal, dan dilanjutkan dengan peninjauan peserta yang sedang dikhitan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh jajaran Komisaris Bank Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono dan Ilham Wahono, Direktur Kepatuhan, Al Amin, Direktur Umum, Dedi Syafriadi, serta para pimpinan lainnya dan staf jajaran dari Bank Kalbar, tokoh masyarakat dan juga pembina Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Barat, Mochammad Akip serta pendamping dan orang tua dan anak-anak yang dikhitan. (jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment