Sambut Bulan Ramadan, PLN Salurkan Bantuan Bagi Kaum Dhuafa di Sekitar Tower Transmisi

KalbarOnline.com – Hari Minggu (19/3) terdapat pemandangan yang berbeda di area sekitar tower transmisi PLN di Jalan Trikora, Banjarbaru. Dari kejauhan nampak puluhan orang mengendarai sepeda dan menyambangi warga yang telah menunggu di sekitar jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo volt (kV) jalur Cempaka – Ulin.

Rombongan pengendara sepeda berkostum merah biru yang beranggotakan pegawai-pegawai PLN tampak riang menyerahkan tas berwarna putih berlogokan YBM PLN yang berisi paket sembako bagi ibu-ibu paruh baya disana. Dipimpin General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, Abdul Salam Nganro, rombongan menyempatkan diri berbincang hangat dengan warga yang tinggal di Ring 1 tower transmisi tersebut.

“Ibu-ibu, hari ini kami menyerahkan titipan pegawai-pegawai PLN yang telah menyisihkan sebagian penghasilannya untuk disalurkan kepada saudara-saudara kami yang berhak, semoga sedikit dari kami ini membawa banyak manfaat,” ujar pria yang akrab dipanggil Salam tersebut.

Baca Juga :  Tegas, Harisson Minta Perencanaan Pembangunan Desa Sejalan dengan Program Pemerintah

Selain menyerahkan paket sembako, Salam juga menyampaikan edukasi tentang hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya di sekitar tower transmisi.

“Bapak Ibu semua kan tinggal di bawah jalur transmisi, mohon berhati-hati dalam mendirikan bangunan dan benda-benda yang berada dekat dengan kabel dan tower. Contohnya antena TV, mohon jangan dipasang di bawah kabel,” kata Salam.

Salam juga menghimbau warga untuk turut serta menjaga keandalan listrik dengan tidak menanam pohon di dekat jalur transmisi.

Baca Juga :  PPATK Bersama KPU dan Bawaslu Pelototi Aliran Dana Ilegal Pilkada 2020

“Jika ada pohon yang tinggi dan dekat dengan SUTT, mohon diinfokan ke petugas kami untuk diamankan. Karena jika nanti ada anak-anak kita atau warga yang memanjat atau menebang pohon itu, ada potensi arus hubung singkat yang sangat berbahaya,” imbuh Salam.

Salah satu warga penerima bantuan, Mama Fina, mengaku sangat bersyukur dengan kepedulian PLN terhadap warga di sekitar tower.

“Terima kasih Bapak GM, Bapak Ibu PLN yang selalu membantu kami menyambut bulan puasa ini,” kata Fina.

Mama Fina juga mendoakan agar PLN diberikan kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan tugas.

“Semoga Bapak-Bapak diberikan kesehatan, kemudahan dan listrik PLN selalu menyala terang selama bulan Ramadan,” ungkap Fina.

Comment