Pasca Idul Fitri 1445 H, PLN Perkuat Kelistrikan Dengan TKDN Mencapai 100 Persen

KalbarOnline.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan berkomitmen meningkatkan keandalan pasokan listrik pasca masa siaga kelistrikan Idul Fitri 1445 H. Komitmen tersebut salah satunya ditunjukkan melalui Uprating Material Utama Transmisi (MTU) Bay Line Palangkaraya – Sebangau dan Bay Line Palangkaraya – Pulang Pisau pada Gardu Induk (GI) 150 kV Palangkaraya, dengan penggunaan material lokal atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 100 persen (20/4).

General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro mengatakan, pekerjaan uprating MTU ini bertujuan untuk memberikan support dan memperkuat suplai energi listrik, sehingga menambah keandalan suplai listrik di wilayah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Baca Juga :  Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

“Melalui pekerjaan ini, kami berkomitmen untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di sisi transmisi dalam memberikan terang di Bumi Tambun Bungai. Dan pekerjaan ini kami laksanakan menggunakan material yang berasal dari dalam negeri,” terang Salam.

Ia juga menambahkan pekerjaan dilakukan secara bertahap dengan menerjunkan sebanyak 10 personil gabungan dari PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Palangkaraya dan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Palangkaraya.

“Pekerjaan dilakukan secara bertahap, dan kami lakukan untuk tetap menjaga pasokan listrik sehingga tanpa menimbulkan padam di wilayah Palangkaraya dan sekitarnya,” tambah Salam.

Pada kesempatan yang sama, Manager PLN UPT Palangkaraya Bayu Putra Andrianto berharap dengan peningkatan MTU di Gardu Induk Palangkaraya ini tidak hanya meningkatkan keandalan sektor kelistrikan di Kalimantan Tengah, tetapi juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Kompor Induksi Hadirkan Beragam Manfaat Bagi Pengguna hingga Negara

“Kami optimistis dengan peningkatan keandalan kelistrikan akan mendukung dunia usaha, khususnya warga yang ada di wilayah Palangkaraya. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Uprating MTU merupakan penambahan kapasitas pada material transmisi utama sebagai salah satu upaya untuk memperkuat infrastruktur kelistrikan. Melalui penggunaan material lokal atau TKDN, harapannya selain kelistrikan juga semakin andal, hal ini juga akan memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat melalui aktivitas pemasaran dan pengadaan barang. (PLN/KalbarOnline.com)

Comment