Miris, Kesejahteraan Kalbar Berada di Papan Bawah se-Nasional

KalbarOnline, Jakarta – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama, bersatu untuk membangun Kalbar.

“Pemilihan Gubernur Kalbar telah usai, untuk itu mulai sekarang mari kita semua elemen masyarakat untuk bersama menyatu dan kembali bersatu membangun Kalbar, hilangkan perbedaan, satukan pandangan dan tujuan kita untuk membangun Kalbar yang lebih maju dan memberikan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sutarmidji saat menghadiri sosialisasi empat pilar sekaligus silaturahmi dan saprahan warga Kalbar perantauan di kediaman Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang di Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Sutarmidji juga menyatakan bahwa dirinya bersama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan akan segera membentuk tim percepatan pembangunan Kalbar.

“Dalam struktur nanti, saya akan minta kesediaan Pak OSO dan tokoh-tokoh Kalbar lainnya. Baik yang ada di Pontianak maupun yang ada di Jakarta untuk masuk dalam tim yang akan dibentuk,” tukasnya.

Menurut Midji alasan perlu dilakukannya percepatan lantaran berdasarkan hasil penelitian oleh Asia Competitiveness Institute (ACI) Singapura menempatkan Kalbar di posisi ke-33 dari 34 provinsi di Indonesia untuk kesejahteraan infrastruktur.

“Kalbar hanya menang dari Papua saja,” ucapnya miris.

Sementara daya saing, sambung Midji berada di urutan 28 dari 34 provinsi.

“Yang paling bagus hanya tata kelola pemerintahan saja, tapi tak naik-naik tetap di posisi 16,” mirisnya lagi.

Menurutnya hal ini harus segera diubah dan dirinya optimis hal itu dapat diubah.

“Saya yakin bisa diubah dan dilakukan, ini hanya masalah pada data. Sekaligus akan diubah sesuai dalam visi misi dan program yang akan dilaksanakan. Saya serius akan mengubah itu dan akan memegang yang telah diamanahkan dan diberikan oleh rakyat kepada Midji-Norsan, untuk lima tahun kedepan kami komitmen akan menghindari penyimpangan anggaran sekecil apapun,” tegasnya.

Midji juga mengapresiasi tokoh Kalbar Oesman Sapta Odang yang telah menggelar acara saprahan ini.

“Momen ini sangat baik dan efektif dalam kita berkumpul selain bersilaturahmi juga rembuk berbagai persoalan Kalbar,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga mengucapkan terima kasih kepada OSO yang telah memberikan semangat dan motivasi kepada dirinya dan Ria Norsan selama ini sehingga, lanjut Midji, ia dan Ria Norsan akan bekerja keras dalam menata dan membangun Kalbar.

“Dan apa yang sudah dikerjakan oleh Gubernur Cornelis akan dilanjut, yang belum baik akan kita perbaiki,” imbuhnya.

Sementara Oesman Sapta Odang dalam sambutannya memberikan wejangan kepada Sutarmidji agar bekerja dengan sungguh-sungguh dalam membangun Kalbar guna memberikan kesejahteraan masyarakat Kalbar.

“Ironisnya, Kalbar ini kaya akan sumber daya alamnya. Namun masyarakat masih banyak yang miskin,” ujar OSO miris.

Sebagai informasi makan saprahan ini merupakan ciri khas asli adat melayu Pontianak, banyak filosofi terkandung dibalik makan saprahan ini seperti menanamkan rasa kebersamaan setiap individu atau masyarakat yang menghadiri acara tersebut serta sikap toleransi dalam hal berbagi antar sesama.

Saprahan yang dilaksanakan di kediaman OSO berlangsung meriah dihadiri tokoh dan sesepuh Kalbar seperti mantan Wakil Presiden, Hamzah Haz, Wakil Ketua MUI, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Sekda Kalbar, para Bupati dan Walikota terpilih hasil pilkada serentak 2018, Rektor Untan Pontianak, Bupati Sintang, Wakil Bupati Sambas, Pj. Bupati Kayong dan masyarakat perantauan Pontianak baik yang ada di Jakarta, Bandung dan daerah lainnya. (*/Fai)

Tinggalkan Komentar