Hujan Deras, Desa Sempurna Sungai Laur Ketapang Terendam Banjir

KalbarOnline, Ketapang – Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir ini membuat Desa Sempurna di Kecamatan Laur, Kabupaten Ketapang terendam banjir. Menurut warga, banjir telah merendam desa mereka selama tiga hari.

“Banjir udah berlangsung selama tiga hari. Kondisi air terus mengalami kenaikan sejak kemarin,” ungkap salah seorang warga Desa Sempurna, Ruhadi Usman, Kamis (16/03/2023).

Ruhadi Usman yang juga Ketua BPD Desa Sempurna itu mengatakan, ketinggian air kini telah mencapai 1,5 meter, bahkan di bagian tertentu sudah mencapai hingga 2 meter.

Baca Juga :  Hijaukan Bumi Ketapang, Kapolres Yani Pimpin Gerakan Penanaman Pohon
Musibah banjir melanda Desa Sempurna, Kecamatan Laur, Kabupaten Ketapang. (Foto: Adi LC)
Musibah banjir melanda Desa Sempurna, Kecamatan Laur, Kabupaten Ketapang. (Foto: Adi LC)

“Rumah warga terdampak, ada juga fasilitas umum seperti SMP 3 Sungai Laur, poskesdes dan PAUD. Ketiga fasilitas publik tersebut berada di Dusun Sempurna RT 01 Desa Sempurna,” terangnya.

Ruhadi memaparkan, sebanyak 44 KK terdampak akibat banjir. Mereka memiliki bertahan di rumah masing-masing. Warga yang terdampak tersebut tersebar dari mulai RT 1 sampai RT 6.

Baca Juga :  Terancam Gagal Panen Akibat Banjir, Petani Cabai di Kayong Utara Pertanyakan Janji Pemerintah Atasi Banjir

“Masyarakat beraktivitas menggunakan penambang, motor air mesin kato, dengan membayar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per motor,” katanya.

“Saya selalu Ketua BPD Desa Sempurna sekaligus sebagai masyarakat, berharap kepada pemerintah melalui dinas terkait supaya dapat memberikan bantuan kepada warga kami khususnya di Dusun Sempurna,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment