Resmikan Festival TIK, Wako Edi Tekankan Pentingnya Literasi Digital

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Aula Politeknik Negeri Pontianak, Rabu (16/11/2022).

Dalam kesempatan itu ia menyebut, di era digital seperti sekarang ini sudah saatnya setiap orang membekali diri dengan literasi digital yang mumpuni. Keterampilan tersebut pun menurutnya amat urgen.

“Literasi digital harus terus berlanjut karena perubahan sekarang begitu cepat, seiring dengan perkembangan teknologi digital,” ujarnya usai meresmikan Festival TIK, di Aula Politeknik Negeri Pontianak.

Edi menerangkan, dalam literasi digital terdapat empat pilar yang harus diketahui. Keempat pilar itu adalah etika, budaya, keamanan hingga skill digital. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh pengguna teknologi digital untuk lebih cerdas dan bijak dalam menggunakan perangkat teknologi yang dimilikinya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Festival TIK 2022. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meresmikan Festival TIK 2022. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

“Pesan saya silahkan bermain media sosial tapi dengan bijak. Jika ada hal yang tidak disukai, jangan buru-buru disampaikan. Tapi tahan dan resapi maknanya, atau sampaikan dengan santun,” pintanya.

Baca Juga :  Edi Kamtono Sebut Masjid Cikal Bakal Cetak Generasi Qurani

Dari sisi pemanfaatan teknologi digital, Edi pun berharap bisa lebih teroptimalkan demi kemajuan dan pengembangan diri. Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan apresiasi kepada Relawan TIK yang dinilainya mengemban tugas berat dalam memberikan literasi digital yang positif bagi bangsa dan negara.

“Saya yakin dengan semangat dan kolaborasi, pemanfaatan digital di Indonesia ini lebih mempercepat kemajuan bangsa dan negara ini. Terutama pemanfaatan teknologi yang cepat dan mudah dalam kita memperoleh informasi dan dimanfaatkan untuk hal-hal positif,” katanya.

Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto mengajak seluruh Relawan TIK se-Indonesia untuk dapat mengikuti Festival TIK ini, baik secara luring maupun daring.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerima piagam penghargaan atas peran serta dan dukungannya terhadap Program Literasi Digital untuk Indonesia makin Cakap Digital Tahun 2022. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerima piagam penghargaan atas peran serta dan dukungannya terhadap Program Literasi Digital untuk Indonesia makin Cakap Digital Tahun 2022. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

“Festival TIK adalah momen ‘sakral’ dimana seluruh Relawan TIK Indonesia saling merefleksikan semangat, inovasi dan inspirasi,” ujarnya.

Baca Juga :  Kunker ke Sintang, Lasarus: Sebagai Calon Ibu Kota Provinsi, Infrastruktur Sintang Harus Layak

Eri menambahkan, Festival TIK menjadi pesta edukasi persembahan Relawan TIK bersama mitra kolaborasi bagi masyarakat yang disajikan dengan puluhan workshop tematik penunjang untuk meningkatkan kemampuan digital.

“Melalui festival ini, kita saling berbagi, bercerita dan bertukar pengalaman demi kemajuan dan mendorong transformasi digital di Indonesia,” pungkasnya.

Kota Pontianak menjadi tuan rumah Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Festival yang digelar oleh Relawan TIK ini bertemakan “Transformasi Digital Untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata”.

Dihadiri ribuan Relawan TIK se-Indonesia, Festival TIK digelar selama dua hari, mulai tanggal 16 hingga 17 November 2022 di Politeknik Negeri Pontianak. (Jau)

Comment