Sejumlah Nama Pj Wali Kota Singkawang Tengah Digodok Mendagri, Siapa Saja?

KalbarOnline, Pontianak – Masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie-Irwan, segera berakhir pada tanggal 17 Desember 2022.

Guna mengisi kekosongan sementara hingga pemilu berikutnya, Pemerintah Provinsi Kalbar telah mengusulkan sejumlah nama untuk menjadi penjabat (Pj). Dan saat ini, nama-nama tersebut tengah digodok oleh Mendagri.

Gubermur Kalbar, Sutarmijdi menyampaikan, usulan nama-nama Pj Wali Kota Singkawang juga dilakukan oleh pihak DPRD Kota Singkawang ke Kemendagri.

“Saya sudah kirim tiga nama Pj Wali Kota, DPRD Singkawang katanya sudah kirim tiga nama juga hari ini (kemarin). Selanjutnya sudah menjadi kewenangan Kemendagri, bukan kewenangan kita (daerah) lagi,” terangnya kepada awak media, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga :  Pontianak Raih Wahana Tata Nugraha, Ini Kata Sutarmidji

“Kita hanya mengirim nama, masalah keputusan ada di pusat,” timpalnya menegaskan.

Saat disinggung terkait siapa saja nama para calon Pj yang diusulkan tersebut, Midji–sapaan akrabnya belum mau mengungkapnya. Yang jelas kata dia, nama-nama yang diusulkan adalah para pejabat yang memiliki pangkat eselon II A.

Sutarmidji mengatakan, adapun nama-nama yang disulkan adalah mereka yang tidak hanya saat ini menjabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, tapi juga terbuka untuk seluruh pejabat dari daerah lain se-Indonesia.

Midji berharap, siapa pun yang akan menempati posisi PJ Wali Kota Singkawang nantinya, adalah orang yang memang paham mengenai tata kelola pemerintahan.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Teleconference Dengan Mendagri Bahas Kesiapan Pemilu 2019

“Karena sekarang yang paling menjadi perhatian yakni inflasi. Bahkan setiap Senin, Mendagri memimpin rapat inflasi, lalu setiap dua bulan dipimpin presiden,” katanya.

Terlebih Singkawang ini masuk dalam salah satu daerah yang menjadi tolok ukur bagi perhitungan inflasi di Provinsi Kalbar.

“Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Sintang menjadi (daerah) perhitungan inflasi (di Kalbar). Kalau dia (Pj) tahu tata kelola pemerintahan (yang baik), yang lain pasti bisa (diurus),” katanya. (Jau)

Comment