Kapolres Kapuas Hulu Apresiasi Masyarakat Serahkan Senpi Rakitan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polres Kapuas Hulu menerima sebanyak 27 pucuk senjata api (senpi) rakitan jenis lantak oleh masyarakat melalui DPC TBBR Kabupaten Kapuas Hulu. Penyerahan itu dilakukan oleh Ketua DPC TBBR, Yulianus Mangga, di Mapolres Kapuas Hulu, Rabu (02/11/2022).

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat melalui TBBR yang peduli kepada Polri khususnya Polres Kabupaten Kapuas Hulu.

“Total ada 27 pucuk senjata api rakitan yang diserahkan secara sukarela dari masyarakat kepada DPC TBBR dan dari polsek, yang terdiri dari senapan lantak dan bomen,” kata Kapolres France, didampingi Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Intel dan Kasi Humas Polres Kapuas Hulu.

Kapolres mengatakan, tidak terbayangkan jika dari sejumlah 27 pucuk senpi rakitan itu disalahgunakan, pastinya akan mengakibatkan banyak korban. Sehingga ia bersyukur senpi rakitan ini bisa diserahkan kepada pihaknya.

“Dan akan kami musnahkan, sehingga tidak dapat lagi digunakan oleh siapapun,” ungkapnya.

France juga menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dan Perpu Nomor 20 Tahun 1960 terkait kewenangan perizinan yang diberikan mengenai senpi–sanksi hukumnya sangat jelas, yaitu penjara selama 20 tahun atau hukuman mati.

“Oleh karena itu, kami berharap kepada seluruh masyarakat yang masih menyimpan senjata api rakitan agar bisa pro aktif untuk menyerahkan senpinya kepada pihak Polri, baik melalui polsek atau bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing, karena sangat berbahaya dan jelas sanksi hukumnya,” jelasnya. 

Ia mengingatkan, situasi kamtibmas dan tindak kriminalitas memiliki kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun, seirama dengan perkembangan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sementara itu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah adalah mutlak.

BACA JUGA:  Polres Bengkayang Musnahkan 98 Senpi Rakitan dari DAD dan YPI

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, situasi Kamtibmas di Kabupaten Kapuas Hulu makin terjaga dan masyarakat tetap beraktivitas dengan baik,” ucapnya.

“Saya apresiasi dan penghargaan kepada segenap pihak yang telah bahu membahu mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Kapuas Hulu,” pungkas kapolres. (Ishaq)

Comment