KPU Sebut Hasil Verifikasi Data Partai Hanura Ketapang Sesuai Fakta di Lapangan

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang menyatakan data yang dimasukkan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dalam aplikasi Sipol sudah sesuai.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang, Tedi Wahyudin usai timnya melakukan verifikasi faktual lapangan di Sekretariat DPC Partai Hanura Ketapang, Senin (17/10/2022).

“Kita sudah memverifikasi Partai Hanura dan beberapa partai lainnya mulai Senin ini. Sudah kita saksikan bersama termasuk oleh bawaslu, bahwa kesesuaian dokumen yang ada dalam aplikasi Sipol,” kata Tedi.

Baca Juga :  KPU Ketapang Segera Susun DPTb Tahap Dua

“Misalnya mengenai kepengurusan, sekretariat dan keterwakilan 30 persen di Partai Hanura Kabupaten Ketapang. Hasilnya normatif semua sama dan sesuai dengan fakta di lapangan,” lanjutnya. 

Tedi menjelaskan, untuk kesesuaian itu, pihaknya hanya menconteng di lembar kerja kemudian akan diinput di dalam Sipol. Selanjutnya secara keseluruhan KPU RI yang akan menilai apakah memenuhi syarat atau tidak serta lolos atau tidak. 

“Jadi kami hanya bekerja sesuai aturan dan juknis (petunjuk dan teknis) menyesuaikan fakta dan realita di lapangan dengan apa yang dimasukkan partai politik dalam Sipol. Kita bersyukur verifikasi di Partai Hanura Ketapang, semuanya berjalan lancar,” tuturnya. 

Baca Juga :  Kejar Target, KPU Ketapang Kerahkan 160 Petugas Pelipatan Surat Suara DPD dan Presiden

Tedi juga menjelaskan, setelah verifikasi pengurus ini, selanjutnya KPU akan memverifikasi keanggotaan Partai Hanura di Ketapang. Jumlah dan orang yang tersebar di berbagai kecamatan di Ketapang sesuai yang sudah ditentukan KPU Pusat. 

“Setelah semua tahapan dilakukan hingga perbaikannya. Maka akan dilakukan penetapan sesuai jadwal pada 14 Desember mendatang,” jelas Tedi. (Adi LC)

Comment