Pilkades Serentak Melawi Masuk Masa Tenang, Cakades Diimbau Tak Lakukan Kampanye Terselubung

KalbarOnline, Melawi – Pilkades serentak di 49 desa di 10 kecamatan Kabupaten Melawi akan digelar pada Rabu (19/10/2022) mendatang. Kini, tahapan pilkades serentak di Kabupaten Melawi tengah memasuki masa tenang.

Sejalan dengan itu, Pemkab Melawi bersama pihak keamanan berharap agar semua pihak dapat menjaga kondusivitas, dengan menciptakan pilkades yang aman, damai dan sejuk, tanpa gesekan-gesekan yang bisa menimbulkan gangguan kamtibmas.

Terkait hal ini, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto kembali mengimbau kepada para calon kepala desa (cakades) dan tim sukses hingga pendukung cakades, untuk dapat mengendalikan massanya dan tidak melakukan kampanye terselubung selama masa hari tenang ini.

Baca Juga :  Strategi Ganjar-Mahfud Membangun Sistem Pertahanan Berkelas Dunia

“Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif, baik sebelum, saat pencoblosan hingga saat pengumuman hasil pilkades nantinya,” katannya, Senin (17/10/2022).

Kapolres Sigit mengungkapkan, sejauh ini, proses selama kampanye di setiap desa yang menggelar pilkades berjalan baik dan aman. Kondisi ini pun diharapkan dapat terus terjaga.

“Jadikan pesta demokrasi tingkat desa enam tahunan ini menjadi momen silaturahmi, jangan karena pilkades terjadi pertikaian dan permusuhan di desa,” pesannya.

Baca Juga :  Pembangunan Randemix Jojo Jaya Mix Diduga Tak Kantongi Izin

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Budiman mengingatkan kepada cakades, bahwa kampanye pilkades serentak telah selesai. Untuk itu seluruh atribut peraga kampanye harus ditertibkan.

“Hal tersebut bertujuan agar masyarakat dapat mempertimbangkan dengan baik siapa cakades yang akan dipilih tanpa adanya berbagai macam bentuk intervensi dari siapapun,” katanya.

Selain itu, Budiman juga meminta panitia pilkades untuk mengawasi para cakades agar tidak melakukan pergerakan sembunyi-sembunyi selama masa tenang hingga hari pemungutan suara. (BS)

Comment