Sambut Hari Jadi Kota Pontianak ke-251, Kesultanan Pontianak Gelar Sejumlah Kegiatan

KalbarOnline, Pontianak – Kesultanan Pontianak membentuk Kepanitiaan Khusus Kesultanan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Pontianak ke-251 tahun 2022.

Ketua Panitia Hari Jadi Kota Pontianak ke-251, Syarif Muhammad Munif Alkadrie dalam keterangan persnya, Jumat (14/10/2022) menyampaikan, bahwa peringatan Hari Jadi Kota Pontianak ke-251 tahun ini mengangkat tema “Hari Jadi Kota Pontianak 251 Dari Kite Untok Semue”.

Pria yang bergelar Pangeran Adipati Serimaharaja tersebut menerangkan, adapun tema yang diangkat yakni untuk merayakan kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan dari semua lapisan dan kalangan masyarakat Pontianak. 

“Dengan semangat baru di tahun yang baru ini, dari pihak kesultanan dan para sponsor bersuka cita untuk merayakan acara ulang tahun yang ke-251 ini bersama masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, terdapat sejumlah agenda kegiatan yang telah disusun oleh panitia dari Kesultanan Pontianak dalam memeriahkan hari jadi Pontianak tahun ini. Diantaranya kegiatan agamis, dimana pada perayaan ini akan mengundang tokoh nasional dan lokal secara massif di lapangan Mahlul Qiyam.

Baca Juga :  Midji Warning Sekda Jangan Terlibat Politik Praktis

“Acara keagamaan ini ditujukan untuk pemersatu masyarakat beragama muslim yang sangat identik dengan kesultanan dan akan diikuti oleh ribuan orang,” sampainya.

Selain itu, dilakukan kegiatan ziarah ke makam sultan yang akan diikuti oleh ribuan orang atau peziarah. Kegiatan ziarah, disampaikan Muhammad Munif merupakan bagian dari adat istiadat dari acara kesultanan.

“(Kemudian) Maulid Agung, merupakan acara keagamaan Muslim untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan akan diikuti oleh ribuan masyarakat,” ucapnya. 

Selain kegiatan keagamaan, Kepanitiaan Khusus Kesultanan Pontianak juga akan menggelar sejumlah kegiatan olahraga. Diantaranya badminton, sepak bola umur 45 tahun ke atas, senam tera dan memancing udang.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Usulkan 20 Proyek Prioritas 2024 ke Pemerintah Pusat, dari PLBN Baru Hingga Penyediaan Jaringan Listrik

Selanjutnya, ada pula kegiatan yang bernuansa seni budaya dan entertainment sebagai pelengkap perayaan. Dimana dalam HUT Pontianak tahun ini, panitia ingin memadukan atau mengimbangi antara perayaan budaya asli Melayu dan juga event yang bersifat entertainment.

Diantara sejumlah perayaan tersebut antara lain Jepin Massal, Senam Tera, Pagelaran Tari Ci Da Yu, Pemilihan Bujang Dare, Kompetisi Game Mobile Legends dan Senandung Melayu.

Tak hanya itu saja, Muhammad Munif menyampaikan, Hari Jadi Kota Pontianak ke-251 tahun 2022 juga turut akan dimeriahkan oleh penampilan panggung musik dan hiburan. Dimana sejumlah musisi dan band akan hadir. Diantaranya Band Arwana, Bujang Bedendang Wakman, Ali Akbar, Before Midnight dan berbagai artis dan tampilan lainnya. (Jau)

Comment