Baznas Pontianak Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Enam Kecamatan

KalbarOnline, Pontianak – Puluhan warga yang didominasi lansia antusias memeriksakan kesehatannya di halaman Masjid Nurul Iman, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, Rabu (28/09/2022). Layanan kesehatan gratis yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mendukung inisiasi Baznas Kota Pontianak dalam momentum Hari Jadi Kota Pontianak ke-251 itu. Ia menilai, kegiatan ini merupakan ikhtiar dalam membantu meringankan beban masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kesehatan ini penting untuk kita lakukan pemeriksaan dengan jangka waktu tertentu atau secara rutin,” tuturnya.

Edi pun mengajak masyarakat sekitar untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada, baik di posyandu maupun di puskesmas. Apalagi warga lansia yang memang harus rutin memeriksakan kesehatannya. 

Sebagaimana diketahui, penyakit yang paling banyak diderita masyarakat di Kota Pontianak adalah penyakit-penyakit degeneratif seperti kencing manis, darah tinggi, jantung dan asam urat dan penyakit lainnya. 

“Ini biasa disebabkan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Jadi bapak ibu meskipun sudah memasuki lansia, tetapi kita harapkan lebih produktif dan kesehatannya lebih berkualitas,” ungkap Edi.

Kepada warga yang hadir, ia mengingatkan agar senantiasa menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Cara paling mudah adalah dengan berolahraga, salah satunya jalan kaki. Setidaknya, dalam satu hari, minimal 600 hingga 1.000 kali kaki melangkah. Selain itu, warga diminta menjaga pola makan, kurangi makan makanan yang berminyak dan berlemak.

“Inilah penyebab dari penyempitan pembuluh darah, asam urat, darah tinggi, jantung dan lain sebagainya,” sebutnya.

Dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), rerata usia harapan hidup warga Kota Pontianak adalah 73,2 tahun. Melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis seperti yang digelar hari ini, Edi berharap derajat kesehatan masyarakat juga semakin meningkat.

BACA JUGA:  Edi Kamtono Sebut Komunikasi Solusi Tuntaskan Permasalahan

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mendapatkan akses layanan kesehatan,” tuturnya.

Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Kota Pontianak, Lazuardi menjelaskan, adapun pemeriksaan kesehatan yang diberikan diantaranya cek gula darah, asam urat, kolesterol,l dan pemeriksaan tekanan darah.

“Layanan ini bertepatan momen Harjad Kota Pontianak ke-251. Tapi kita berencana menggelar secara rutin, setiap bulan atau sebulan dua kali,” ujarnya.

Lazuardi menyatakan kegiatan yang digelar di halaman Masjid Nurul Iman Kelurahan Sungai Beliung tersebut merupakan pembuka untuk pemeriksaan kesehatan gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Sebab kegiatan serupa akan digelar di enam kecamatan yang bertempat di masjid-masjid termasuk pondok pesantren. 

Ia bersyukur, bahwa antusias masyarakat cukup tinggi, karena warga memang menantikan pelayanan pemeriksaan kesehatan ini.

“Targetnya segala usia, artinya tidak ada batasan usia. Tetapi didominasi usia lanjut atau lansia yang datang memeriksakan kesehatannya,” terang Lazuardi.

Selain diperiksa kesehatannya, warga juga diberikan obat-obatan secara gratis bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan seperti tensi darah tinggi, asam urat, dan lainnya. Tidak hanya pada momen ini, lanjut dia, Baznas Kota Pontianak juga menggelar kegiatan sosial lainnya.

“Kegiatan lain seperti memberikan bantuan kepada fakir miskin, bantuan anak-anak sekolah, kemudian membantu warga yang menderita penyakit tumor otak dan jantung bocor untuk dioperasi di Jakarta,” tutupnya. (Jau)

Comment