Kapolres Ketapang Resmikan Polsubsektor di Kecamatan Air Upas 

KalbarOnline, Ketapang – Kecamatan Air Upas Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat kini memiliki kantor polisi baru, yakni Kantor Polsubsektor Air Upas, Sabtu (10/09/2022).

Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana meresmikan secara langsung kantor tersebut dan sekaligus mengukuhkan Aiptu Saidor Padang sebagai Kepala Polsubsektor Kecamatan Air Upas.

“Terimakasih banyak yang tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Air Upas. Bukan hanya gedungnya bahkan tempat tinggal (anggota) pun sudah dibikinkan,” ujar Yani.

Selanjutnya Yani berpesan, agar anggota kepolisian yang bertugas di Air Upas dapat merawat gedung tersebut dan menjaga silaturahmi dengan masyarakat. 

“Jaga bangunannya, jaga lingkungannya, jaga silaturahminya dengan masyarakat, jangan pernah cederai apa yang menjadi komitmen masyarakat untuk mencintai Polri,” tuturnya.

Yani menambah, dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang, saat ini baru ada 16 Polsek. Di tiap Polsek, rata-rata personelnya 15 hingga 19 orang.

Sebelumnya untuk diketahui, bahwa Kantor Polsubsektor tersebut merupakan hasil urun dana dari perusahaan tambang dan perkebunan kelapa sawit termasuk masyarakat setempat.

Sekretaris Panitia Pembangunan Kantor Polsubsektor Kecamatan Air Upas, Andika mengatakan, pembangunannya dimulai sejak tahun 2019. Mereka berhasil mengumpulkan dana Rp 1,4 miliar. 

“Biaya belanja barang dan jasa sebesar Rp 1,4 miliar yang diperoleh dari sumbangan PT Cargill, PT CMI, PT RIM,  pelaku usaha, serta petani kelapa sawit yang ada di Kecamatan Air Upas,” paparnya.

Andika berujar, tak hanya sekedar membangun kantor Subsektor, mereka juga membangun empat unit asrama anggota. 

“Kami berinisiatif membangun ini karena jarak Air Upas dengan Polsek Marau sangat jauh, jaraknya sekitar 40 kilometer, kondisi seperti itu tentu menghambat masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap, dengan dibangunnya kantor tersebut masyarakat Air Upas dapat lebih mudah dan efektif dalam menerima layanan keamanan dari pihak kepolisian. (Adi LC)

BACA JUGA:  Polisi Ringkus 10 Pelaku PETI di Kecamatan MHS Ketapang

Comment