Tinjau Betang Jerora Satu, Wabup Sintang: Segera Perbaiki Plafon yang Rusak

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Melkianus meninjau langsung kondisi Rumah Betang Jerora Satu, pada Kamis (18/08/2022) sore.

Dalam kunjungannya itu, Melkianus turut didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Yustinus J, Kadis Perkim, Zulkarnaen, Kepala BPKAD, Kwan Setiadi serta tim dari Inspektorat Sintang dan pejabat lainnya.

Dalam kesempatan  itu, Melkianus turut meninjau kondisi plafon Betang Jerora Satu yang terjatuh akibat angin kencang. Usai diskusi dengan jajaran Pemkab Sintang, Melkianus meminta agar kerusakan tersebut dapat segera diperbaiki.

“Kami akan bertanggung jawab dan langsung mengambil langkah cepat. Tim kami akan langsung bekerja. Hari ini langsung mulai dan akan selesai dengan cepat dan berkualitas,” terang Melkianus kepada wartawan.

Melkianus menyebut, pihaknya juga akan menganggarkan pemeliharaan dan renovasi terhadap Rumah Betang Jerora Satu.

“Kami berharap Ketua DAD Kabupaten Sintang dan masyarakat untuk memberikan waktu kepada Pemkab Sintang untuk memperbaiki ini sehingga rumah Betang ini akan tetap bagus dan megah. Berikan waktu kepada kami untuk bekerja. Mari kita bekerjasama” terang Melkianus.

“Saya minta Dinas Perkim untuk menghitung biaya jika akan diganti dengan rangka baja ringan atau kayu. Tetapi saya pastikan, lebih baik dan lebih kuat. Kami akan berikan yang terbaik, dan belajar dari kejadian ini. Dan tidak akan sama dengan yang ada saat ini dalam hal rangkanya. Soal penambahan fasilitas lain, nanti Dinas Porapar yang akan merancangnya” tambah Melkianus.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menjelaskan, setelah mendengar ada kejadian plafon betang yang jatuh, pihaknya langsung berkomunikasi dengan Bapak Bupati Sintang.

“Dan respon Pak Bupati Sintang mengatakan akan ditangani oleh Wakil Bupati Sintang. Dan hari ini Bapak Wakil Bupati Sintang datang ke Betang ini bersama OPD terkait. Setelah sebelumnya beliau juga sudah memanggil OPD terkait,” terang Jeffray.

BACA JUGA:  Melalui UMKM, Bang Midji Dorong Ibu Rumah Tangga Wujudkan Kalbar Mandiri

“Saya melihat Betang ini memang perlu penanganan yang serius lagi oleh Pemkab Sintang. Betang ini megah, tetapi ada beberapa bagian yang harus dievaluasi lagi. Kami DAD Kabupaten Sintang inikan hanya pengguna saja, sementara pengelolaan ada di Disporapar” tambahnya.

Jeffray berharap adanya perbaikan-perbaikan terhadap Rumah Betang Jerora Satu, terutama bagian interiornya.

“DAD dan seluruh masyarakat harus sama-sama menjaga dan memantau bangunan ini. Fasilitas pendukung juga perlu dibangun lagi. Meskipun bertahap, saya harap akan semakin banyak fasilitas yang akan dibangun,” tutup Jeffray. (Jau)

Comment