by

Lantik Wakil Bupati Sintang, Gubernur Kalbar Ingatkan Pejabat Tak Sibuk dengan Urusan Sendiri

Kalbar Online, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji melantik secara resmi Wakil Bupati Sintang, Melkianus, dengan masa jabatan 2021-2026, pada Sabtu tanggal 13 Agustus 2022. Ia pun berharap, agar Melkianus dapat segera menjalankan tugas-tugasnya sebagai Wakil Bupati Sintang.

“Jangan lagi lama. Kemarin tim dari Kemendagri datang ke kita (Kalbar), nah tugas wakil bupati itulah pengawasan internal,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji menyampaikan, bahwa proses dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) pelantikan Melkianus sebagai Wakil Bupati Sintang merupakan yang paling cepat. Untuk itu ia juga mengimbau kepada Wakil Bupati Sintang yang baru, untuk bisa membantu tugas-tugas Bupati Sintang dalam mengevaluasi kinerja pemerintahan ke depan. 

Selaku wakil bupati, kata Sutarmidji, turut bertanggung jawab sebagai pengawas terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Selain itu, Sutarmidji pun mengingatkan agar kepala daerah tidak asik dengan urusan atau acara sendiri. Karena hal itu yang bisa membuat pelayanan kepada masyarakat menjadi lamban.

“Urusan sendiri itu misalnya belum ada rumah jabatan, begitu rumah jabatan ada harus begini, begitu, akhirnya mengurus diri sendiri lupa, mengurus rakyat. Itu jangan sampai terjadi,” pesannya. 

Dengan demikian, Sutarmidji juga berharap, Wakil Bupati Sintang bisa menjalankan tata kelola pemerintahan dengan benar, sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Jangan sampai, aturan yang sudah susah payah dibuat dan memerlukan waktu panjang, akhirnya tidak dijalankan.

“Jalankan aturan itu, dan bantu serta koordinasi. Tanggung jawab dan pengambilan keputusan tetap pada bupati, ada tertentu saudara. Tata kelola pemerintahan itu harus saudara lakukan, dan saya minta ke depan betul-betul bisa membantu bupati dalam menjalankan tugas di Sintang,” paparnya. 

Lebih lanjut Sutarmidji menilai, bahwa Sintang masih perlu banyak pembenahan. Apalagi dengan wilayahnya yang cukup luas serta berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. 

BACA JUGA:  42 Mahasiswa dan Dosen Positif Corona, Harisson Sebut Direktur Poltekkes Pontianak Abai

“Saya yakin saudara dengan pengalaman di DPRD, mampu untuk melakukan itu. Jaga harmonisasi dengan DPRD dan lingkup pemerintah Kabupaten Sintang. Semoga semuanya bisa berhasil dengan baik,” pungkasnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengaku senang, bahwa proses yang panjang tersebut dapat dituntaskan hari ini.

“Yang pasti kami bersama masyarakat Sintang merasa bangga, semua proses yang begitu panjang bisa terlaksana di hari ini. Dan saya yakin ini semua berkat doa masyarakat,” katanya. (Jau)

Comment