Peringati HUT RI Tahun 2022, Pemerintah Kecamatan Sintang Gelar Upacara dan Doa Bersama 

KalbarOnline, Sintang – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022, Pemerintah Kecamatan Sintang mengadakan doa bersama dan upacara mengenang detik-detik proklamasi bersama masyarakat Mungguk Bantok, Kecamatan Sintang.

Kegiatan doa bersama itu dilaksanakan pada malam hari tanggal 16 Agustus 2022 di masjid Masjid Al-Haidayah. Kegiatan ini diikuti oleh kepala desa, perangkat desa dan BPD serta masyarakat Mungguk Bantok.

Selain memanjatkan doa, kegiatan tersebut juga diisi dengan ceramah atau tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Andi yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatu Ath-Thalibin Sintang.

Camat Sintang, Tatang Supriyatna menyampaikan, kegiatan doa bersama ini dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur atas kemerdekaan RI yang telah mencapai 77 tahun. 

“Kemerdekaan ini tentunya perlu disyukuri karena merupakan nikmat yang diberikan Tuhan yang Maha Esa kepada seluruh bangsa. Oleh karena sangatlah penting perayaan HUT Kemerdekaan selain diisi dengan kegiatan hiburan juga diisi dengan kegiatan doa bersama,” ucapnya.

Ustadz Andi dalam ceramahnya juga menyampaikan, bahwa nikmat kemerdekaan ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang telah berikhtiar dan berdoa untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua pihak untuk selalu bersyukur dengan menjaga kerukunan dalam kehidupan bernegara.

Selanjutnya pada tanggal 17 Agustus 2022, dilaksanakan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di lapangan bola Desa Mungguk Bantok. Bertindak selaku inspektur upacara tersebut yakni Camat Sintang.

Kegiatan upacara dihadiri dan dilaksanakan oleh unsur Polsek Sintang dan Koramil Sintang, Kades Mungguk Bantok, Kades Tebing Raya dan seluruh lapisan masyarakat. Untuk petugas pengibaran bendera dan aubade dilaksanakan oleh siswa SMPN 8 Sintang dan SDN 19 Mungguk Bantok.

Hal yang menarik setelah pelaksanaan upacara tersebut dilanjutkan dengan acara hiburan berupa penampilan dari anak-anak mulai dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP. Dalam kegiatan upacara, hadir pula kelompok lansia yang dengan semangat mengikuti jalannya upacara dengan seragam dan barisan tersendiri. (Jau)

BACA JUGA:  Viral! Siswa Sambas Panjat Tiang Bendera Setinggi 15 Meter

Comment