Korupsi Uang Bank Rp 5,5 M, Kejari Pontianak Tahan Kasi Kredit Cabang Flamboyan

KalbarOnline, Pontianak – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pontianak akhirnya menahan kepala seksi kredit di salah satu bank Cabang Flamboyan Pontianak berinisial F, Kamis (18/08/2022). F diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dan merugikan bank-nya sebesar Rp 5,5 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pontianak, Wahyudi menyampaikan bahwa dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh F berkaitan dengan kredit pengadaan barang/jasa pekerjaan pengadaan bangunan kesehatan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang tahun 2017.

“Kasus ini kita sidik sejak bulan Februari 2021 lalu. Kasus ini dilakukan penyelidikan dan penyidikan berawal dari laporan yang masuk kepada kita” kata Wahyudi.

Baca Juga :  Kadiskes Kalbar Sebut Biaya PCR Turun Jadi Rp300 Ribu Bukan Hal Mustahil

Lebih lanjut Wahyudi pun menerangkan, kasus ini berawal dari debitur di salah satu perusahaan yang melakukan kredit kepada bank tempat F bekerja–untuk mengerjakan pembangunan RS Serawai. 

Tersangka F, lanjut Wahyudi, selaku kasi kredit seharusnya melakukan pemotongan setiap termin, namun hal itu tidak dilakukan F, sehingga loss ke debitur. Sehingga apa yang dilakukan F ini, membuat bank-nya mengalami kerugian sebesar Rp 5.590.000.000.

Baca Juga :  Kejari Pontianak Sita 14 Kontainer Berisi Ratusan Ton CPO

“Yang diuntungkan dalam hal ini adalah rekanan atau debitur. Kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini, karena korupsi tidak bisa berdiri sendiri. Tentu kita lakukan pendalaman penyidikan,” ujarnya.

Atas perbuatannya, F dijerat dengan Pasal 2 dan atau 3 Pasal 3 UU Tipikor. Tersangka F saat ini ditahan di Rutan Kelas II A Pontianak selama 20 hari ke depan. 

“Kasus ini masih terus dilakukan penyidikan. Siapa-siapa yang menikmati atas tindak pidana korupsi ini akan kita ungkap,” tegas Wahyudi. (Jau)

Comment