by

Terbang ke Sintang, Kapolda Cek Langsung Situasi Kamtibmas di Wilayah Perbatasan

KalbarOnline, Pontianak – Dengan menggunakan helikopter, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro, melaksanakan kunjungan kerja ke Polsek Ketungau Hulu jajaran Polres Sintang, pada Sabtu (17/07/2022). Kunjungan tersebut sekaligus dalam rangka mengecek secara langsung situasi Kamtibmas di seputar wilayah perbatasan.

Kedatangan Kapolda Kalbar beserta rombongan ini disambut langsung oleh Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian dan jajarannya.

Seperti yang sudah-sudah, kunjungan kerja ini merupakan salah satu agenda Kapolda Kalbar–yang mana selain memantau perkembangan situasi kamtibmas–juga menjadi salah satu wadah menjalin komunikasi serta silaturahmi bersama muspika dan tokoh masyarakat di wilayah perbatasan.

Berbagai arahan dan penekanan turut disampaikan oleh Kapolda Kalbar saat melaksanakan tatap muka bersama personel Polres Sintang dan Polsek Ketungau Hulu.

Beberapa diantaranya terkait pelaksanaan tugas personel yang berada di wilayah perbatasan, agar selalu menjaga kekompakan serta komunikasi antar stakeholder lainnya guna menjaga kondusifitas wilayah.

Disisi lain Kapolda Kalbar juga membahas langkah-langkah antisipasi karhutla yang berada di wilayah Ketungau Hulu. Hal tersebut diutarakannya lantaran beberapa tahun yang lalu, wilayah Ketungau Hulu sendiri menjadi salah satu wilayah penyumbang titik hotspot karhutla yang cukup besar.

“Untuk penanggulangan karhutla–biarpun dalam beberapa tahun terakhir titik hotspot mengalami penurunan drastis–tapi perlu diingat, jangan underestimate (meremehkan),” jelasnya.

“Sosialisasikan kepada masyarakat kita, yang mana ini juga tidak bisa kita lakukan sendiri, maka dari itu perlu sinergi dari masing-masing unsur baik TNI, Forkopimcam ataupun tokoh masyarakat, ujar kapolda.

Tak hanya itu, Irjen Pol Suryanbodo juga dengan tegas mengingatkan kepada seluruh personel agar menghindari segala bentuk pelanggaran serta senantiasa menjaga disiplin dalam bertugas.

“Untuk rekan-rekan yang bertugas di Polsek Ketungau Hulu saya tekankan agar menghindari segala bentuk pelanggaran, jauh dari Kota tidak berarti lepas dari pengawasan maka dari itu jaga marwah nama baik Polri,” tegas dia.

BACA JUGA:  Kapolda Kalbar Benarkan OTT di Ketapang, Kadis PUTR dan Enam Anak Buah Diciduk

Usai memberikan arahan kepada personel serta berdialog bersama masyarakat setempat, Kapolda Kalbar juga memberikan santunan kepada lansia dan masyarakat yang mengalami penyakit menahun.

Dalam kesempatan yang sama pula, kapolda juga melaksanakan monitoring kegiatan vaksinasi kepada para pelajar SMA Negeri 01 Senaning. (Jau)

Comment