by

Kawal Vaksinasi Ternak, Kapolsek Tumbang Titi Imbau Warga Segera Lapor Jika Temukan Gejala PMK

KalbarOnline, Ketapang – Polsek Tumbang Titi jajaran Polres Ketapang melakukan pengawalan terhadap proses vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Dinas Peternakan Ketapang Kecamatan Tumbang Titi, Rabu (29/06/2022).

Vaksinasi ini dilakukan menyusul merebaknya wabah PMK di sejumlah wilayah Kabupaten Ketapang. Sejauh ini, berdasarkan catatan, telah terdapat sepuluh ekor hewan ternak warga yang mati akibat wabah itu.

Kapolsek Tumbang Titi, IPTU Srimarjana mengatakan, kalau kegiatan ini merupakan satu diantara tugas pihaknya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Selain Kamtibmas, ini juga bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat yang saat ini sedang khawatir dengan adanya wabah PMK,” ungkapnya, Kamis (30/06/2022).

Pada kegiatan itu, petugas vaksinasi yang dikoordinir oleh Juma’atul dari BPP dan Forkopimcam Tumbang Titi melakukan vaksinasi terhadap 79 ekor sapi ternak warga yang tersebar di dua Desa, yakni Desa Batu Tajam sebanyak 14 ekor dan Desa Aur Gading sebanyak 65 ekor. 

Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah jenis AFTOPOR dengan dosis 2 ml untuk satu ekor sapi. 

“Kita juga mengimbau agar masyarakat yang menemukan hewan ternaknya memiliki ciri-ciri atau gejala terkena PMK untuk segera menghubungi petugas BPP atau bhabinkamtibmas di desa masing-masing,” tandasnya. (Adi LC

BACA JUGA:  Masyarakat Belum Tahu Keamanan dan Keampuhan Vaksin Covid-19

Comment