DLHK Kalbar Sembelih 7 Sapi, Dibagikan ke Kaum Dhuafa

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing, pada Selasa (18/06/2024).

Penyembelihan hewan kurban tersebut dilaksanakan di halaman belakang Kantor DLHK Kalbar, Jalan Sultan Abdurrahman, Kota Pontianak.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kepala DLHK Provinsi Kalbar, Adi Yani mengatakan, penyembelihan hewan kurban itu dilakukan dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT sekaligus untuk memupuk rasa solidaritas di antara seluruh pegawai organisasi perangkat daerah yang dipimpinnya.

Alhamdulillah tahun ini kita menyembelih hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing,” ujarnya usai menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban.

“Kami lakukan ini supaya kita semua dapat meningkatkan keimanan kita, dan juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan ketakwaan kita terhadap Allah SWT,” tambahnya.

Baca Juga :  Geram Aksi Pembakaran Lahan di Punggur, Sutarmidji Instruksikan DLHK Cabut Izin Penggunaan Lahan Selama 5 Tahun

Yani mengatakan, daging kurban ini selanjutnya dibagikan kepada kaum dhuafa, seluruh staf DLHK, KPH Kubu Raya, pensiunan hingga purna tugas DLHK Kalbar.

“Mudah-mudahan semua bisa merasakn hewan kurban yang kita bagikan,” ujarnya.

DLHK Kalbar menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik untuk daging kurban. (Foto: Lydia)

Pada saat pembagian, sesuai surat edaran Gubernur Kalbar tentang peniadaan penggunaan plastik, pembagian atau pendistribusian daging-daging hewan kurban kepada penerima pun dilakukan menggunakan besek. Total ada sekitar 500 besek yang disiapkan.

“Sampah plastik ini tentu akan sulit terurai, dan itu menjadi limbah. Mudah-mudahan dengan besek ini menjadi salah satu alternatif tidak menggunakan kantong plastik lagi tetapi besek,” ungkapnya.

Sementara itu, Amung Hidayat, Sekretaris DLHK Kalbar yang juga ketua panitia kurban menambahkan, kalau pelaksanaan kurban ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan DLHK. Hewan kurban tersebut dibeli dari dana pribadi para ASN di DLHK Kalbar.

Baca Juga :  DJP dan Pemkot Pontianak Jalin Kerjasama Optimalisasikan Pajak

“Ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami terhadap staf dan warga yang membutuhkan. Ini kurban dari para staf termasuk kepala dinas LHK,” ujarnya.

Amung mengungkapkan, semua hewan kurban baik itu sapi maupun kambing sudah diperiksa oleh dinas kesehatan, dan dalam keadaan baik. Ia pun berharap daging kurban yang dibagikan ini dapat bermanfaat bagi penerima.

Alhamdulilah kondisi sapi tersebut sudah diperiksa oleh dinas kesehatan kota pontianak sehingga aman dan layak untuk dikonsumsi. Kemudian ini akan kita bagikan kepada seluruh staf DLHK beserta kaum dhuafa yang telah kita tunjuk. Semoga dapat bermanfaat,” tukasnya. (Lid)

Comment