Kurangi Sampah Plastik, DLHK Kalbar Bagikan Daging Kurban Pakai Besek

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kalbar turut melakukan pemotongan hewan kurban, pada Selasa (18/06/2024). Tahun ini, hewan kurban yang disembelih sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Dalam pembagian daging kurban ini, DLHK Kalbar menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Penggunaan besek dinilai lebih aman dan juga dapat mengurangi penggunaan sampah plastik yang dapat merusak lingkungan.

Pemotongan hewan kurban di Kantor DLHK Kalbar.

“Sampah plastik ini tentu akan sulit terurai, dan itu menjadi limbah. Mudah-mudahan dengan besek ini menjadi salah satu alternatif tidak menggunakan kantong plastik lagi tetapi besek,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalbar, Adi Yani.

Baca Juga :  Weng Coffee Pontianak Gelar Nobar Piala Dunia 2022 Qatar

Yani menyampaikan, total ada sekitar 500 besek yang digunakan sebagai wadah untuk menyimpan daging kurban tahun ini. Besek tersebut dibeli dari UMKM hasil hutan bukan kayu dari kelompok masyarakat di Galeri Hasil Hutan yang berlokasi di samping Pendopo Gubernur Kalbar.

“Ini juga sekaligus untuk pembelajaran bagi umat Islam yang berkurban, Jadi kita bukan menggunakan kresek, karena kita menghindari penggunaan bahan plastik,” kata Yani.

DLHK Kalbar menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik untuk daging kurban. (Foto: Lydia)

Daging-daging kurban tersebut, lanjutnya, disalurkan kepada kaum dhuafa, panti asuhan, serta staf kantor DLHK, pensiunan hingga purna tugas DLHK Kalbar.

Baca Juga :  Polres Ketapang Rilis Pengungkapan Berbagai Kasus Selama Juli 2022

Yani berharap, pembagian daging kurban ini bisa memupuk semangat para staf untuk bisa jauh lebih baik dalam mengabdi kepada negara. (Lid)

Comment