by

Kaledoiskop 1 Tahun Martin Rantan dan Farhan Pimpin Ketapang

KalbarOnline, Ketapang Genap 1 tahun sudah Martin Rantan dan Farhan memimpin Kabupaten Ketapang. Sejak dilantik pada 26 Februari 2021 lalu, Martin Rantan dan Farhan langsung bekerja.

Meski berat menjalankan pemerintahan di tengah badai pandemi Covid-19 yang meruntuhkan berbagai sendi kehidupan, ekonomi, sosial, budaya dan banyak sektor lainnya. Akan tetapi bagi Martin Rantan dan Farhan semua itu menjadi gelombang yang harus dihadapi dengan baik dalam menakhodai Kabupaten Ketapang.

“Tadi telah disampaikan kaleidoskop, begitu banyak yang sudah dilakukan pemerintah daerah, tapi itu semua belum bisa memuaskan semua orang,” ujar Martin Rantan dalam perayaan kaleidoskop Satu Tahun Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang tahun 2021-2026 itu diselenggarakan Bappeda Ketapang di Hotel Borneo, Selasa, 1 Maret 2022.

Oleh karena itu Martin Rantan mengatakan, keterbatasan tersebut perlu dukungan dari semua pihak untuk melengkapi kekurangan tersebut.

“Kami tidak bisa berbuat tanpa dukungan dari semua pihak,” ucap Martin.

Hal senada turut disampaikan Wakil Bupati Ketapang Farhan. Memimpin Ketapang tidak bisa dilakukan hanya Bupati dan Wakil Bupati saja, tetapi perlu dukungan dari semua pihak.

Farhan juga mengatakan, sebuah daerah yang maju dapat ditunjukkan dengan tingginya kualitas sumber daya manusia yang didukung oleh ketersediaan infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang berkualitas.

“Daerah yang maju juga dapat dikaitkan dengan semakin tingginya pertumbuhan ekonomi daerah tersebut,” kata Farhan.

Kaledoiskop 1 Tahun Martin Rantan dan Farhan Pimpin Ketapang
Martin Rantan dan Farhan merayakan 1 tahun pemerintahannya memimpin Ketapang (Foto: Adi/Prokopim)

Dalam kesempatan itu Farhan juga menyampaikan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang 2021-2026 di antaranya sebagai berikut:

  1. Mewujudkan pemerintah yang handal, bersih terpercaya dan berwibawa dalam pelayanan publik,
  2. Melanjutkan peningkatan pembangunan insfrastruktur,
  3. Pembangunan sumber daya manusia memiliki daya saing,
  4. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa yang merata dan berkeadilan,
  5. Memperkokoh landasan perekonomian masyarakat,
  6. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Ketapang.
BACA JUGA:  Martin Rantan : Prestasi Olahraga dan Keilmuan Harus Seimbang

Misi tersebut didukung dengan 5 langkah strategis dalam program pembangunan yang disebut Panca Karya yaitu sebagai berikut:

  1. Ketapang Sehat,
  2. Ketapang Cerdas,
  3. Ketapang Nyaman,
  4. Ketapang Peduli,
  5. Ketapang Sejahtera

Dalam pemerintahan Martin Rantan dan Farhan memimpin Ketapang juga dicanangkan 10 proyek strategis daerah di antaranya sebagai berikut:

  1. Food Estate dan Kawasan Agropolitan,
  2. KPCT Kuala Tolak-Kuala Satong,
  3. Pengembangan Bandara Rahadi Oesman,
  4. Penataan Pelabuhan dan Bandara,
  5. Peningkatan ruas jalan kabupaten, dan pembangunan ruas jalan baru serta Jembatan Pawan 6,
  6. Pengembangan Desa Mandiri (Desa Fokus dan Desa Mapan),
  7. Rencana pendirian pembangunan perguruan tinggi,
  8. Peningkatan tipe rumah sakit,
  9. Pelestarian dan pengembangan budaya,
  10. Persiapan pembentukan daerah otonomi baru.

“Semua proyek strategis daerah ini diharapkan mempunyai daya ungkit ekonomi secara langsung atau tidak langsung kepada Kabupaten Ketapang, sehingga tercapailah Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” kata Farhan.

Pada kesempatan itu, Farhan mengajak dan mengimbau seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Ketapang dapat memberikan prestasi terbaik dalam membangun Kabupaten Ketapang.

“Agar prestasi tersebut bisa menjadi kenangan sepanjang hidup,” pungkas Farhan.

Dalam acara kaledoiskop 1 tahun Pemerintahan Martin Rantan dan Farhan juga dilakukan pemutaran Film dokumenter tentang potensi sumber daya alam Ketapang dan video kaleidoskop 1 tahun Pemerintahan Kabupaten Ketapang serta video 10 proyek strategis daerah Kabupaten Ketapang.

Dalam kesempatan tersebut berterima kasih kepada seluruh pemangku kebijakan baik eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat yang sudah mendukung kepada kepemimpinan Martin Rantan dan Farhan sampai satu tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Ketapang, Ketua dan Wakil TP PKK Ketapang, Ketua Dharmawanita Ketapang, Forkopimda Ketapang, Kepala perangkat daerah Ketapang, Camat, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh adat dan lainnya.

Comment